Layanan Masyarakat

Dikukuhkan, Kini Tabalong Punya Dua Tim Optimalisasi Pajak

TANJUNG, klikkalsel.com – Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menyampaikan dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, semua pihak mendorong para OPD Pemkab Tabalong agar segera menjalankan strategi peningkatan pendapatan di masa pandemi, baik itu Intensifikasi, ekstensifikasi, penguatan kelembagaan dan pembaharuan teknologi informasi.

Hal itu disampaikan pada saat pengukuhan Tim Optimalisasi dan Yustisi Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong dan Tim Pengawasan Wajib Pajak Bersama dan Pertukaran Data
dan/atau Informasi Perpajakan Kabupaten Tabalong Tahun 2021, di Hotel Aston Tanjung. Selasa, (8/6/2021).

Bupati Anang juga menyebutkan, bahwa melalui instansi terkait akan terus melakukan terobosan pelayanan, untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dan retribusi daerah.

“Seperti pembayaran PBB-P2 bisa melalui Bank Kalsel, Bank Mandiri, loket pembayaran pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, Aplikasi GOJEK atau Gopay, dan Aplikasi E-Commerce seperti Tokopedia, OVO, Dana dan Link Aja,” ujarnya.

Kepada kedua tim, selain melaksanakan tupoksinya, ia berharap, agar selalu menyisihkan waktu untuk sosialisasi dan aktualisasi serta memberikan pemahaman untuk menumbuhkan kesadaran kepada wajib pajak dan wajib retribusi untuk memenuhi kewajibannya.

“Kita tidak bicara tentang kewajiban saja karena dihadapan kewajiban ada sanksi, tetapi yang lebih penting bagaimana kita menumbuhkan kesadaran dan kemudian memberikan pemahaman dan pengertian agar wajib pajak dan wajib distribusi tadi bisa memenuhi kewajibannya,” harapnya.

Ia juga mengingatkan, karena demokratisasi dan keterbukaan informasi dan komunikasi seperti sekarang, ada saja pihak-pihak tertentu yang melakukan provokasi.

“Untuk itu, kedua tim yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Kejaksaan dan lainnya ini agar bisa mengoptimalkan pelaksanaan pengawasan bersama atas wajib pajak dalam upaya peningkatan PAD,” tuturnya.

Tak lupa ia mengucapkan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Tabalong umumnya dan bagi ASN, TNI, Polri, Instansi Vertikal serta karyawan BUMN/ BUMD.

“Khususnya yang sejauh ini telah berupaya menjadi warga negara yang baik, dan kesadaran terutama dalam hal memenuhi kewajiban membayar pajak PBB-P2,” tutupnya. (doni)

Editor : Akhmad

To Top