Dewan Kalsel Ingin Meniru Gaya Rapat DPRD DKI Jakarta

KUNKER – Study Banding terkait rapat, pada kunjungan Pressroom bersama Sekretariat DPRD Kalsel di DPRD DKI Jakarta. (elo syarif/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – DPRD Kalsel ingin meniru gaya rapat di parlemen DKI Jakarta, yang menerapkan keterbukaan untuk setiap rapat, baik internal, melibatkan mitra kerja maupun pembahasan dan penyusunan anggaran.

Anggota DPRD Kalsel Rosehan NB menyambut positif jika semua kegiatan dewan terbuka pada saat rapat. “Tak ada masalah jika setiap rapat terbuka,” ucap mantan Gubernur Kalsel ini.

Hanya saja, politisi PDIP ini, masih belum yakin bisa dipakai di DPRD Kalsel. Sebab, rekannya sesama anggota DPRD Kalsel belum tentu sepakat kalau semua rapat terbuka.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Syaidillah mengaku mendukung adanya keinginan agar seluruh kegiatan rapat dilakukan secara terbuka.

Namun, lanjutnya, aturan dalam tata tertib masih ada pembatasan rapat, sesuai dengan substansi pembahasan.

“Apabila ada kesepakatan untuk penerapan rapat terbuka di seluruh kegiatan maka harus ada revisi dalam tata tertib yang selama ini menjadi pedoman,” sebutnya.

Zainal Helmi, Ketua PWI Kalsel berharap wakil rakyat menerapkan hal serupa dalam setiap rapat.

Cara ini menurut Helmie yang juga mengikuti kunjungan Pressroom DPRD Kalsel bersama Sekretariat DPRD Kalsel ke Jakarta, merupakan bentuk transparansi publik atau keterbukaan kepada masyarakat melalui media yang meramu pemberitaan.

Sehingga kegiatan legislatif tidak ada kecurigaan akan adanya unsur korupsi maupun penyelewengan anggaran, maupun yang bersifat politis.(elo syarif)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.