Dewan Banjarmasin Belajar Tata Kelola CSR ke Gresik

Anggota Komisi I dan II DPRD Banjarmasin saat belajar tata kelola CSR di DPRD Gresik, Jawa Timur. (foto : istimewa/klikkalsel)

GRESIK, klikkalsel – Memaksimalkan bantuan CSR Perusahaan untuk perkembangan Kota, wakil rakyat Banjarmasin melakukan kunjungan ke DPRD Kabupaten Gresik, jalan KH Wahid Hasyim Kebungson, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Kamis (27/8/2019).

Kedatangan DPRD Banjarmasin yang diwakili Komisi I dan II itu, untuk mengetahui potensi retribusi untuk menambah PAD serta mekanisme pengelolaan Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang diberikan perusahaan, termasuk aturannya.

Mengingat, Kabupaten dengan APBD sebesar Rp3 triliun itu mampu mengembangkan daerahnya berdaya tarik tinggi.

Anggota Komisi I DPRD Gresik, Syaikhu Busyri, menjelaskan, bantuan CSR dari perusahaan berupa fisik bangunan seperti pembuatan taman kota dan landmark.

“Kami bersama pemerintah hanya memberikan konsep dan program saja, penggunaannya langsung oleh mereka, tentu dengan pengawasan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin Bambang Yanto mengatakan, setibanya di Banjarmasin akan langsung berdiskusi dengan Pemko Banjarmasin terkait penggunaan dana CSR Perusahaan secara efektif dan efisien.

Pasalnya, kota tertua di Kalsel ini sudah memiliki Lembaga tersendiri khusus mengelola CSR. “Setelah ini kita akan bicara dengan pemko, selama ini CSR kita tidak terlihat jelas seperti apa penyalurannya untuk kemaslahatan warga, padahal ada badannya” tegasnya.

Tak hanya menggali informasi dan strategi dari daerah lain, pihak legislatif Banjarmasin juga berbagi ilmu kepada Parlemen Gresik soal sistem online penarikan retribusi pajak yang sudah diterapkan. (ril/farid)

Editor : Amran