Dewan Awasi Pelaksanaan PPDB Sekolah di Banjarmasin

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir.

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi satu tahapan krusial dalam dunia pendidikan.

Dan PPDB untuk tahun pembelajaran 2024 – 2025 dimulai pada Juni hingga Juli 2024 mendatang.

Khusus jenjang SD dan SMP di Banjarmasin, Komisi IV DPRD Banjarmasin bakal mengawasi pelaksanaan PPDB tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir mengharapkan, PPDB tidak disalah gunakan, sehingga Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin dalam menyelenggarakan PPDB ini diminta sesuai dengan aturan.

Dikatakannya, dalam pelaksanaan PPDB terdapat sejumlah jalur masuk, di antaranya jalur zonasi, prestasi dan afirmasi.

“Jadi hendaknya setiap peserta didik mendapat kesetaraan dan keadilan dalam akses pendidikan, yang dimulai saat proses PPDB ini,” ujarnya.

Ia menyatakan, Komisi IV DPRD Banjarmasin memastikan akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PPDB di setiap tingkatan yang dilaksanakan secara daring.

Baca Juga Dewan Minta Target PAD Disbudporapar Banjarmasin Terealisasi

Baca Juga Anggota Dewan Sayangkan Bandara Syamsudin Noor Tak Berstatus Internasional

Baginya, sistem zonasi yang diterapkan cukup bagus, karena berusaha menghilangkan ketimpangan yang luar biasa antara sekolah di daerah pinggiran dengan yang di kota dan antara sekolah favorit dengan sekolah nonfavorit.

“Sistem zonasi ini merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan kualitas pendidikan agar calon peserta didik yang memiliki kemampuan di atas rata rata akan menyebar dan tidak terkumpul dalam beberapa sekolah unggulan saja,” sebutnya.

Diingatkan pula, panitia PPDB harus memberlakukan penerimaan peserta dididk baru harus sesuai zona yang telah ditetapkan.

“Meminta Disdik untuk melakukan pemantauan dan apabila ada panitia PPDB yang melakukan pelanggaran harus diberikan tindakan,” tegasnya. (farid)

Editor : Amran