HSU

Debit Sungai HSU Meningkat, Lokasi Langganan Banjir Mulai Tergenang

AMUNTAI, klikkalsel.com – Ketinggian debit air di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mulai meningkat, hampir semua Kecamatan tak luput dari genangan air.

Dari update terkini hasil monitoring kenaikan debit air di Kabupaten HSU yang dilaksanakan Polres HSU dan Polsek jajaran, Sabtu, (16/1/2021). Banjir juga telah merendam sejumlah badan jalan utama Kabupaten seperti Jalan A. Yani, tepatnya didepan Perpustakaan Kabupaten HSU serta jalan utama Provinsi, yaitu di Desa Pekapuran, Desa Panangkalaan dan Desa Kuangan, Kecamatan Amuntai Utara.

Seterusnya, jalan yang merupakan jalan penghubung Kabupaten HSU-HST di Jalan Brigjen H. Hasan Baseri Desa Pasar Senin RT. 7 dan Desa Kandang Halang RT. 1 serta Jalan Pedesaan Desa Tangga Ulin Hulu RT 1 dan Desa Palampitan Hulu RT. 2 Kecamatan Amuntai Tengah.

Kemudian, jalan penghubung Kabupaten HSU-Balangan di Desa Lok Bangkai dan Desa Kalintamui. Serta di Desa Kaludan Besar, Desa Kaludan Kecil (depan SPBU) dan Desa Banjang, Kecamatan Banjang.

Untuk wilayah pemukiman langganan banjir di Kabupaten HSU juga sudah yang digenangi air luapan dari sungai, yaitu di Kecamatan Amuntai Tengah berada di Desa Hulu Pasar RT. 3; Desa Tambalangan RT. 4; Desa Tangga Ulin Hulu RT. 1; Desa Kota Raden Hulu RT. 4; Desa Kembang Kuning RT.3 dan RT. 4; Desa Pasar Senin RT.1 serta Ds. Kandang Halang RT. 1 dan RT. 2.

Kemudian juga sebagian di Kecamatan Amuntai Utara yaitu di Desa Cakru, Desa Pakacangan, Desa Pamintangan, Desa Pekapuran, Desa Panangkalaan, Desa Panangkalaan Hulu, Desa Sungai Turak dan Desa Teluk Daun.

Untuk Kecamatan Haur Gading di Desa Tangkawang, Tuhuran, Waringin, Teluk Haur, Pulantani, Tambak Sari Panji, Haur Hading, Jingah Bujur dan Palimbangan Gusti.

Kecamatan Banjang, di Desa Murung Padang, Desa Teluk Serikat, Desa Garunggang, Desa Pandulangan, Desa Teluk Buluh dan Desa Lok Bangkai.

“Untuk jalan yang terendam terdata di sejumlah titik, dengan kedalaman 1 sampai 15 cm. Sedangkan untuk wilyah pemukiman yang terdampak rata-rata yang berada dibantaran Sungai Balangan dan Negara,” terang Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan dalam hal ini melalui Kasubag Humas AKP Alam SW.

Mengingat derasnya aliran sungai Tabalong dan Balangan, tambahnya, diperkirakan debit air akan terus naik dan untuk aktifitas masyarakat masih berjalan normal seperti biasa.

“Kami akan terus memonitor kenaikan debit dan ketinggian air khususnya di wilayah Amuntai Utara dan Banjang, untuk antisipasi luapan air dari Sungai Tabalong dan Sungai Balangan dengan menggiatkan kegiatan Patroli di daerah rawan banjir,” ujarnya.

Disamping itu juga, berkoordinasi dan bekerjasama dengan Instansi terkait khususnya BPBD dalam penanganan Banjir serta telah mendirikan Posko Siaga Bencana Terpadu yang bertempat di Siring Patung Itik Amuntai.

“Menghimbau masyarakat Kabupaten HSU untuk tetap waspada terhadap kenaikan debit air, khususnya masyarakat yang bermukim di bantaran sungai,” pungkasnya. (doni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top