Banjarmasin

Debat Final Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sodorkan 4 Pokok Masalah

Debat Kandidat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Debat kandadit calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) tahap akhir dipastikan akan menarik perhatian publik.

Debat final itu diagendakan KPU Provinsi Kalsel Sabtu malam (28/11/2020) pukul 20.00 Wita dengan tema 4 pokok persoalan di Bumi Lambung Mangkurat.

Debat terakhir disajikan berbeda dengan debat sesi pertama dan kedua. Jika sebelumnya debat kandidat terpisah hanya antar calon gubernur calon wakil gubernur, pada debat sesi ketiga nanti masing-masing pasangan calon hadir beradu argumentasi dan gagasan pemecahan masalah sesuai tema.

Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah menerangkan, ada 4 pokok masalah pada tema debat kandidat tersebut yaitu Kesehatan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam dan Energi.

Menariknya pada bagian debat Sumber Daya Alam dan Energi terbagi 5 bidang permasalahan yaitu pertama bidang Pertambangan, Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan.

“Dari tema ini masing-masing pasangan calon akan menguraikan visi-misi berkaitan dengan tema tersebut, bidang-bidang tersebut di segmen pertama,” terangnya kepada klikkalsel.com, Kamis (26/11/2020).

Lanjut, kata Edy, pada segmen kedua, ketiga dan empat, masing-masing pasangan kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan menjawab serta menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang dibaca oleh moderator. Pertanyaan itu telah disusun tim materi berdasarkan tema debat.

“Di segmen kelima, masing-masing pasangan calon saling bertanya dan menanggapi serta saling menyanggah. Di segmen kelima tersebut, peserta debat memiliki kesempatan bertanya masing-masing sekali,” jelasnya.

Edi menambahkan secara teknis sesi kelima tersebut, masing-masing pasangan calon menanyakan dan menanggapi jawaban dari persoalan Infrastruktur, Kesehatan Masyarakat, yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam dan Energi.

“Sehingga masyarakat disuguhkan paparan visi-misi program, paparan terkait dengan penanganan persoalan jika ada yang belum diselesaikan dalam menyelenggarakan pemerintahan. Termasuk juga masalah kita hari ini yaitu pandemi Covid-19,” ucapnya.

Kemudian di segmen keenam atau terakhir akan diisi pernyataan penutup masing-masing pasangan calon.
Sementara itu, dalam debat final nanti dilakukan pembatasan jumlah orang di stasiun TVRI Kalsel berdasarkan aturan protokol Kesehatan.

Dari masing-masing tim pasangan calon hanya diperkenankan empat orang, sedangkan tim pendukung tidak diperkenankan memasuki area TVRI Kalsel Jalan A Yani KM 6.

Meski demikian, seluruh pihak dan masyarakat bisa menyaksikan langsung jalannya debat pada siaran langsung televisi channel TVRI Kalsel, serta streaming YouTube TVRI Kalsel dan YouTube KPU Kalsel.(rizqon)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top