Data Positif Tanah Bumbu Janggal, Gugus Tugas Lakukan Klarifikasi

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, M Muslim.(foto : istimewa)

BANJARBARU, klikkalsel.com – Hari ini kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mengalami peningkatan. Ada penambahan 21 kasus, dengan ini total data positif Covid-19 menjadi 572.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, M Muslim menerangkan penambahan kasus terdiri dari 1 pasien dalam pengawasan (PDP) dinyatakan terpapar virus Corona dan 20 hasil tracing atau penelusuran. Adapun 21 kasus baru ini berasal dari Kota Banjarmasin 16, Kabupaten Tapin 4 dan Kabupaten Banjar 1.

“20 lainnya merupakan hasil tracing yang dilakukan Terdiri 15 dari Banjarmasin, kemudian 4 dari Tapin dan 1 dari Kabupaten Banjar,” paparnya di Command Center Diskominfo Kalsel, Banjarbaru, Jumat (22/5/2020) sore.

Sementara itu, Muslim menerangkan ada pengurangan kasus positif di Kabupaten Tanah Bumbu pada 21 Mei tercatat 106 kasus positif menjadi 100. Kemudian, ada penambahan hari ini sebanyak 5 dan menjadi 105 kasus Covid-19.

“Ada beberapa koreksi terhadap penambahan data kasus terutama pada Tanah Bumbu yang kemarin atau 21 Mei berjumlah 106. Setelah dilakukan validasi ternyata ada 100 jumlah kasus yang ada Tanah Bumbu,” serangnya.

Sementara itu, turut dilaporkan ada 2 penambahan angka kematian kasus (KS) Covid-19 menjadi total 58. Muslim mengatakan 2 penambahan ini terdiri dari PDP meninggal pada 17 dan 19 Mei asal Banjarmasin yang terkonfirmasi positif hasil swab PCR.

Secara kumulatif saat ini terdata se Kalsel 572 kasus positif Covid-19. Terdiri dari 437 dalam perawatan, 77 sembuh dan 58 meninggal dunia.

“Saat ini dilakukan perawatan di rumah sakit sebanyak 101 kasus, sedangkan 336 lainnya atau 76,88 persen saat ini dilakukan perawatan dalam karantina secara khusus,”
ujar Muslim yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kalsel.

Berikut 101 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan intensif di beberapa rumah sakit rujukan.
– 36 pasien di RSUD Ulin, Banjarmasin .
– 31 pasien di RSUD Moch Ansari Saleh, Banjarmasin.
– 11 pasien di RS Bhayangkara, Banjarmasin.
– 9 pasien di RSUD Idaman, Banjarbaru
– 3 pasien d RSUD Sultan Suriansyah, Banjarmasin.
-2 pasien di RSUD Rumah Sakit Boejasin, Tanah Laut.
– 5 pasien di RSUD Ratu Zaleha, Banjar.
– 1 pasien di RSUD Damanhuri, Hulu Sungai Tengah.
– 1 pasien di RSUD Abdul Aziz, Barito Kuala.
– 1 pasien di RSUD Pambalah Batung, Hulu Sungai Utara.
– 2 pasien di RS Ciputra, Banjar.
– 1 pasien di RS Suaka Insan, Banjarmasin.

Sementara itu, saat ini ada 110 PDP yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan. Muslim menerangkan, angka PDP ini terjadi dinamika perubahan atas PDP yang sembuh dengan hasil PCR negatif dan positif.

Disamping itu, juga dilaporkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 878 se Kalsel. Urutan terbanyak pertama Kota Banjarmasin yang menerapkan PSBB 513 ODP, kedua Kabupaten Banjar juga melaksanakan PSBB sebanyak 102 ODP, dan ketiga Kabupaten Tanah Bumbu 97 ODP. Sedangkan, jumlah ODP di daerah berada di bawah angka 42.(rizqon)

Editor : Amran