Danlanal Kerahkan Prajuritnya ke Pesisir Pulau Sebuku

Perwira dan prajurit TNI AL Kotabaru di sibukkan dengan kedatangan peserta sunatan massal, donor darah, dan berobat geratis di Sekapung, Pulau Sebuku. (duki/klikkalsel)

KOTABARU, klikkalsel – Hampir seluruh prajurit dikerahkan Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (E) Joko Andriyanto ke kawasan pesisir pantai, kecamatan Pulau Sebuku Kamis, (18/10/2018) pagi tadi.

Danlanal juga mengintruksikan Palaksa Lanal Mayor Laut (P) Agus Sulistyo Budi untuk mengomandoi prajurit yang sudah mendarat di pesisir di Pulau Sebuku tepatnya di desa Sekapung.

Kedatangan pasukan loreng tersebut menjadi perhatian sejumlah pihak, utamanya warga di sekitar Pulau Sebuku karena jarang terjadi sebelumnya.

Palaksa Lanal Kotabaru, Mayor Laut (P) Agus Sulistyo Budi SH, meninjau dan memotivasi para peserta sunatan massal.(duki/klikkalsel)

Warga mengira kedatangan para pengaman laut tersebut akan melakukan penangkapan target seperti ilegal fishing, atau nelayan luar yang berani masuk perairan Kotabaru.

Ternyata dugaan warga salah. Rupanya prajurit AL tersebut melakukan aksi sosial Pengobatan Umum, Sunatan Massal, dan Donor Darah dalam rangka HUT TNI yang ke 73.

Tidak lama kemudian, tempat tersebut menjadi pusat berkumpulnya warga sekitar untuk berobat gratis, donor darah, hingga mengantar putra kesayangannya untuk di sunat geratis.

Bahkan, sedikitnya, tercatat 80 warga berobat, 21 anak ikut sunatan massal, dan sebanyak 44 orang ikut mendonorkan darahnya.

Kepala Desa Sekapung Isyak Maulana, mengapresiasi atas terlaksanakan Bhaksos di pesisir Pulau Sebuku tepatnya di desa Sekapung.

“Tentu mewakili pemerintahan kecamatan, dan desa, kami sangat terimkasih Lanal Kotabaru telah hadir dan melaksanakan Bhaksos. Ini sangat membantu sekali warga kami yang kurang mampu,” ujar Ishak.

Joko Andriyanto mengatakan, Bhaksos semata upaya untuk membantu warga pesisir, meningkatkan taraf kesehatan khususnya mereka yang terkendala akomodasi untuk berobat.

Selain itu, Danlanal mengharapkan agar kegiatan tersebut mampu citra dan opini yang baik, dan otomatis dapat meningkatkan tali silaturrahmi antara masyarakat dan TNI AL sehingga membuat hubungan yang sangat baik dengan masyarakat setempat.

“Ya. Saya selaku Danlanal mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan saat ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar serta semoga kita semua memperoleh kebaikan atas kegiatan hari ini,” harap Danlanal, melalui Palaksanya, Mayor Laut (P) Agus Sulistyo Budi. (duki)