Danlanal Guruh Pimpin Upacara Taptu di Kotabaru

Tampak Danlanal Kotabaru - Tanah Bumbu, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto,S.T. menyalakan obor sebagai tanda dimulainya Pawai Obor di Kotabaru. (Foto : Istimewa)

KOTABARU, Klikkalsel – Kali ini, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kotabaru – Tanah Bumbu, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto,S.T. menjadi Irup pada kegiatan Upacara Taptu (Ketetapan Waktu) Jumat malam tadi.

Kegiatan yang dirangkai dengan Pawai Keliling Kota dan Malam Renungan Suci dalam rangka memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 di Lapangan Siring Laut Kabupaten Kotabaru berlangsung khidmat.

Diketahui, Taptu merupakan tradisi yang bernuansa patriotisme dengan kegiatan pawai keliling dengan membawa obor yang diiringi dengan musik dari marching band oleh Siswa – Siswi SMU Kotabaru serta dilanjutkan dengan malam renungan suci pada pukul 24.00 WITA yang bertempat di makam pahlawan Matone Stagen Kotabaru.

Sementara, rangkaian Taptu, diisi dengan lagu-lagu perjuangan, penyalaan obor oleh penerima Taptu dan pelepasan Pawai Obor.

Sebagai peserta Pawai Obor Prajurit Lanal Kotabaru bersama Kodim 1004/Kotabaru, Polres Kotabaru, Instansi Pemerintah daerah dan siswa siswi SMU Kotabaru.

Mereka dengan semangat mengelilingi kota, dengan rute dimulai dari kawasan Taman Siring Laut dilanjutkan ke Jalan H.Agus Salim, jl.Pangeran diponegoro, Jl.Pangeran Hidayat, jl.Suryagandamana, jl.Putri Cipta Sari dan kembali ke Taman Siring Laut, atau di halaman Kantor Bupati Kotabaru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kotabaru, Sekda Kotabaru, Dandim 1004/Ktb, Wakapolres Kotabaru, Asisten II Kotabaru, Kajari Kotabaru, Wakil Ketua DPRD Kotabaru, SKPD Pemkab Kotabaru, Perwira Staf Lanal Kotabaru, Perwira Staf Kodim 1004, Perwira Staf Polres Ktb, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta para undangan lainnya. (duki)

Editor : Amran