Sabtu, September 25, 2021

Curah Hujan Tinggi, Banjarmasin Tetapkan Status Waspada Banjir

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir membuat Pemko Banjarmasin meningkatkan status menjadi waspada banjir.

Pelaksana tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Edy Wibowo, menyampaikan bahwa status waspada banjir dikeluarkan berdasarkan hasil koordinasi Pemko Banjarmasin, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel dan BMKG.

“Sekarang statusnya sudah waspada banjir, karena masuk musim hujan,” ucapnya, Rabu (15/9/2021).

Guna menanggulangi terulangnya banjir di Banjarmasin, pihaknya sudah melakuka koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pembersihan sungai dan drainase.

“Kalau berkaca banjir tahun tadi, Banjarmasin Timur dan Selatan yang paling terdampak. Kita juga sudah minta tim kebersihan sungai untuk turun. Paling tidak bisa mengantisipasi banjir,” paparnya.

Baca juga: Balapaks Kumpulan Donasi Rp 52 Juta Untuk Korban Banjir Kalteng

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina ketika dikonfirmasi terkait status waspada banjir mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan perbaikan drainase guna memperlancar saluran.

“Kita sudah lakukan perbaikan drainase. Dan sebentar lagi juga akan dilanjutkan normalisasi sungai, karena anggarannya di perubahan sudah diketuk. Termasuk juga pembongkaran jembatan-jembatan yang tidak standar,” terangnya.

Selain itu ia juga telah menginstruksikan seluruh lurah untuk melakukan gotong royong membersihkan drainase guna mengantisipasi terjadinya banjir.

“Semua yang berkaitan akan kita arahkan untuk sama-sama melakukan normalisasi, nanti puncaknya akan ada di beberapa titik dilakukan bersama-sama juga,” jelasnya.

“Dengan adanya aksi bersih-bersih ini, Semoga nantinya semua saluran air yang ada di Banjarmasin bisa berfungsi dengan baik,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan