Fenomena

Curah Hujan Masih Tinggi, BPBD Tabalong Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor

TANJUNG, klikkalsel – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana banjir dan longsor.

Hal itu lantaran selama beberapa hari ini di sebagian wilayah Kabupaten Tabalong terjadi curah hujan yang cukup tinggi.

“Melihat situasi dan kondisi alam kita saat ini sebenarnya musim kemarau, tetapi curah hujan masih tinggi, jadi kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Tabalong khususnya yang berada di daerah rawan banjir dan longsor agar tetap waspada,” terang Abdoel Azis Staff sekretariat BPBD Tabalong.

Menurutnya banjir dapat terjadi selain karna curah hujan yang tinggi juga dikarnakan adanya penyempitan aliran sungai oleh ulah manusia sendiri ataupun hal – hal diluar dugaan seperti pohon tumbang yang dapat mengahalangi aliran sungai.

“Jadi kepada masyarakat agar tetap memperhatikan curah hujan juga menjaga lingkungan sungainya agar tetap selalu di bersihkan supaya aliran airnya tidak mampet,” ucapnya.

Selain itu untuk mencegah bencana lonsor masyarakat juga diharapakan dapat melakukan penanaman pohon yang bersifat kuat menahan tanah longsor dan mampu menyerap air yang cukup tinggi.

“Seperti tanaman bambu, baik bambu manis ataupun bambu betung yang tebal,” terang Abdoel Azis.(arif)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular

To Top