Advertorial

Cuncung Tersenyum Serap Aspirasi Seniman dan Tokoh Desa Bersujud

BATULICIN, klikkalsel.com – Seni budaya daerah yang hidup di Tanah Bumbu (Tanbu) merupakan bagian dari seni budaya nasional, sehingga wajib dilestarikan dan dikembangkan.

Oleh karena itu, calon bupati Tanbu Syafrudin Haji Maming atau akrab disapa Cuncung menjamin kehidupan berkesenian akan lebih hidup dan semarak.

Menurut dia, seni budaya terutama tradisional di Tanbu sangat beragam karena penduduknya multi etnis yang menjadi identitas sebagai bangsa Indonesia.

“Melalui pengembangan seni budaya ini kita juga dapat menjaga kerukunan antar warga,” kata Cuncung ketika bersilaturahmi dengan warga Desa Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (23/9/2020).

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah tokoh Desa Bersujud, terutama para seniman, berharap kesenian tradisional mendapat perhatian pemimpin daerah. Mereka juga meminta jika Cuncung dan Alpiya Rakhman agar membangun gedung seni sebagai wadah para seniman daerah berkreasi, jika terpilih menjadi bupati Tanbu dalam Pilkada 2020.

Mendengar aspirasi itu, Cuncung tersenyum dan berjanji untuk memperhatikan dan mengembangkan kesenian daerah. “Para seniman di Tanbu adalah aset daerah, mereka orang-orang hebat. Saya akan perhatikan dan berusaha mewujudkan harapan para seniman,” ucapnya.

Sebab, ia ingin ke depan seni budaya terutama seni tradisional di Tanbu akan berkembang dan lebih keren.

Selain Cuncung, hadir dalam acara silaturahmi yang kental dengan suasana kekeluargaan tersebut, anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PDIP M Syaripuddin, anggota DPRD Tanbu, H Boby serta tokoh masyarakat H Burhan.

Diketahui Cuncung sebagai calon bupati Tanbu berpasangan dengan Muhammad Alpiya Rakhman sebagai wakilnya yang diusung PDIP, Gerindra dan PPP.

Cuncung sebelumnya adalah anggota DPR RI dari Fraksi PDIP. Ia tergerak maju dalam Pilkada 2020 untuk meneruskan hasil kerja adiknya yaitu Mardani H Maming mantan bupati yang sukses membangun Tanbu selama dua periode.

Mardani H Maming pernah menjadi bupati termuda di Indonesia saat terpilih dalam Pilkada Tanbu 2010 lalu. Selama dua periode memimpin, hingga mengundurkan diri pada 2017 lalu, Mardani sukses membangun kampung halamannya terutama bidang infrastruktur jalan dan jembatan, pendidikan serta kesehatan. (rils)

Editor : Akhmad

To Top