Politik

Cuncung-Alpiya Bantu Sepenuhnya Legalitas UMKM Tanbu

BATULICIN, klikkalsel.com – Bakal Calon Bupati, Syafruddin H Maming (Cuncung) dan wakilnya, M Alpiya Rakhman menyiapkan sederet program unggulan untuk membangun Tanah Bumbu (Tanbu).

Jika dipercaya warga untuk memimpin Tanbu, Cuncung bakal melanjutkan program-program unggulan yang telah digulirkan bupati Tanbu sebelumnya, Mardani H Maming.

Cuncung menyatakan, program unggulan yang fokus dilanjutkan bila terpilih, adalah Tri Dharma pembangunan. Prioritasnya penggunaan APBD pada tiga sektor.

“Kita akan lanjutkan program unggulan Tri Dharma yakni bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” ujar Cuncung, Kamis (17/9/2020).

Selain itu, Cuncung bersama Alpiya juga akan meningkatkan program-program di Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Dasar paling utama kita akan memfasilitasi UMKM terkait legalitasnya. Untuk pengurusan dan biaya legalitas akan kita bantu sepenuhnya melalui dana APBD,” ujarnya.

Menurutnya, dengan legalitas tersebut bantuan-bantuan akan mudah disalurkan, khususnya bantuan dari pusat. “Seperti BPOM, sertifikasi halal produk makanan, akta notaris, NPWP dan lainnya,” sebutnya.

Setelah mempunyai legalitas, kata Cuncung, UMKM juga akan diberi pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang dan keahliannya.

“Kita akan laksanakan pelatihan-pelatihan yang lebih kreatif, seperti pengembangan pengolahan berbagai macam makanan,” jelasnya.

Dengan berkembangnya UMKM itu nanti, maka secara otomatis membuka peluang lapangan kerja bagi masyarakat.

“Kalau UMKM berkembang, secara otomatis lapangan kerja akan terbuka di masyarakat Bumi Bersujud,” pungkasnya.

Diketahui demi membangun tanah kelahirannya, Cuncung rela meninggalkan kursi empuk di Senayan, Gedung DPR RI, Jakarta dan memilih mencalonkan diri sebagai bupati di Pilbup Tanbu.

Anggota Komisi VII DPR RI ini¬†bakal berpasangan dengan Alpiya Rakhman, pria yang merangkap wakil ketua DPRD Tanah Bumbu. Keduanya mengusung jargon ‘Bersama Rakyat Kita Menang’

Selain duet milenial yang diusung PDIP, Gerindra dan PPP itu, kontestan lainnya di Pilbup Tanbu 2020 ialah Zairullah Azhar-M Rusli.

Duet keduanya diusung oleh sejumlah parpol, seperti PKB, Golkar, PKS, PAN dan NasDem. Selain Zairullah-M Rusli, masih ada nama Mila Karmila. Pengusaha muda satu ini mencoba peruntungannya dengan Zainal Arifin via jalur non-partai politik. (rils)

Editor : Akhmad

block id 8627 site klikkalsel.com - PC/Mob
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

To Top