Cuaca Ekstrim, Harga Kebutuhan Bahan Pokok Tetap Stabil

Harga Sayuran masih stabil (foto : azka)

BANJARMASIN, klikkalsel– Angin kencang dan curah hujan yang masih tinggi ternyata tak mempengaruhi harga kebutuhan bahan pokok dan sayuran.

Inah, pedagang sayuran di kawasan Pasar Lama mengatakan, meski memasuki tahun baru harga-harga kebutuhan bahan pokok seperti bawang merah, bawang putih serta harga cabai masih relatif stabil.

“Semua harga masih stabil tak ada kenaikan yang berarti , ya cuman selisih Rp500 rupiah sampai Rp1.000 diantara pedagang sayur lainnya,” katanya, Jumat, ( 4/1/2019).

Kalau harga cabai masih harga normal seperti biasa, untuk cabai rawit Rp55 ribu hingga Rp60 ribu perkilonya. Cabai jenis taji sekitar Rp25 ribu hingga Rp35 ribu dan cabai hijau Rp35 ribu perkilonya.

“Saat ini tak ada pengaruhnya sebab distributor yang membawa kebutuhan sayur ketempat kami normal saja seperti biasa,” kata Inah.

Sementara Rusdi pedagang di kawasan Pasar Kalindo mengatakan, harga cabai masih batas wajar tak ada kenaikan yang mencolok.

Namun beberapa hari sebelumnya harga sayuran seperti wartel sempat melonjak tajam mencapai Rp 60 ribu perkilonya.

“Sempat Rp60 ribu perkilonya itupun sulit didapat, tapi sekarang sudah normal dengan harga kisaran Rp 22 ribu hingga Rp 25 perkilonya,” kata Rusdi.

Kelangkaan wartel dalam beberapa hari tersebut disebabkan terjadi penumpukan di pelabuhan. “Karena hujan beberapa waktu terakhir sehingga untuk mengangkut ke luar pelabuhan terlambat, sementar di pasaran mulai kosong, jadi itu kemarin yang membuat harga wartel sembat naik, tapi sekarang sudah normal kembali,” ucapnya.(azka)

Editor : Afarabi