Covid-19 Kalsel Tembus 3.564, Penambahan 44 Kasus Baru dari 6 Daerah

Data Update Covid-19 Kalsel. (design : wahyuni/klikkalsel)
Data Update Covid-19 Kalsel. (design : wahyuni/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mengalami lonjakan. Per 5 Juli terjadi penambahan sebanyak 44 kasus baru, sedangkan angka kesembuhan pasien sebanyak 27 orang. Secara kumulatif terdata 3.564 orang terpapar Covid-19 se Kalsel.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, M Muslim menerangkan 44 kasus batu berasal dari 6 daerah yaitu Banjarmasin 20, Tabalong 8, Hulu Sungai Selatan (HSS) 7, Tanah Laut 5, Tapin 3, dan Banjarbaru 1. Kasus baru ini terdiri pasien dalam pengawasan yang terkonfirmasi terinfeksi virus Corona dan hasil tracing (penelusuran) tim surveilans epidemiologi.
Baca juga : Kabar Baik dari Tabalong, Pasien Positif Corona yang Sembuh kembali Bertambah
“3 dari PDP terkonfirmasi positif, 2 RSUD Ulin Banjarmasin dan 1 RSUD Badarudin Tabalong. 41 Hasil tracing, 5 Tanah Laut, 3 Tapin, 7 HSS, 8 Tabalong, 1 Banjarbaru, 18 Banjarmasin,” ujarnya kepada awak media, Minggu (5/7/2020).
Kabar baiknya, ada 27 orang pasien Covid-19 sembuh dilaporkan Muslim yang juga selaku Kepala Dinas Kesehatan Kalsel. Pasien sembuh ini dirawat di beberapa rumah sakit dan tempat karantina secara khusus.
“Pasien sembuh 27 Orang berasal dari perawatan, 6 RSUD Ansari Saleh warga 5 Banjarmasin dan 1 Barito Kuala. 6 Karantina Khusus Tanah Laut, 9 Karantina Khusus Tabalong, 1 Karantina Khusus Balangan, 5 Karantina Khusus Tanah Bumbu,” imbuhnya.
Sementara itu, secara kumulatif kasus Covid-19 di Kalsel per 5 Juli 2020 terdata 3.564 orang yang terpapar virus Corona. Jumlah ini terdiri 2.413 positif aktif dalam perawatan di rumah sakit dan karantina secara khusus, 950 sembuh serta 201 meninggal.
Baca juga : Tina, Penderita Tumor Wajah Asal Tabalong dioperasi di Jakarta dan Masih Membutuhkan Bantuan Para Dermawan
Sementara itu, jumlah PDP se Kalsel terdata 357 dirawat di beberapa rumah sakit rujukan dan dirawat secara karantina khusus. Total PDP Kalsel ini terdinamika dengan yang negatif Covid-19, dinyatakan sembuh, dan meninggal dunia, serta PDP yang baru dirawat.
Dilaporkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) se Kalsel berkurang menjadi 733 se Kalsel. 3 daerah yang telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menempati jumlah ODP terbanyak. Pertama Kota Banjarmasin 256 ODP, kedua Kabupaten Barito Kuala 75 ODP, dan ketiga Kabupaten Banjar 66, sedangkan daerah lainnya di bawah angka 57.
Meningkatnya kasus positif diiringi angka kesembuhan yang cukup signifikan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, terus meminta kerjasama masyarakat dalam memutus penyebaran mata rantai penyebaran Covid-19 di Bumi Lambung Mangkurat. Dengan cara melaksanakan anjuran pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona.
Antara lain, bersama-sama menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS) dengan rajin mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan cairan antiseptic serta mengkonsumsi makanan bergizi, menggunakan masker jika keluar rumah, tetap jaga jarak dan kontak fisik.(rizqon)
Editor : Amran