Batola

Citizen Journalism Contest Tingkat Pelajar Meriahkan Hari Pers Nasional 2021

Citizen Journalism Contest Tingkat Pelajar Meriahkan Hari Pers Nasional 2021

MARABAHAN, klikkalsel.com – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) berpartisipasi memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021 dengan menggelar Citizen Journalism Contest untuk tingkat pelajar. Lomba pembuatan berita ini sengaja digelar dengan harapan melahirkan bibit jurnalis.

Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Herry Sasmita, mengatakan pers merupakan pilar keempat demokrasi, yang mana hari peringatannya patut dimeriahkan.

Selain itu, lomba membuat berita untuk tingkat SMP dan SMA se Kabupaten Batola juga bertujuan meningkatkan literasi menulis dan membaca para pelajar.

“Berpartisipasi dengan memanfaatkan waktu luang anak-anak yang belajar online dan mengisi waktu luangnya untuk hal yang positif,” ujarnya kepada klikkalsel.com, Selasa (9/2/2021).

Adapun kategori berita yang diberikan tergolong ringan di antaranya sebagai berikut :

– Street News, berita yang ditulis secara ringkas, lugas, dan apa adanya memuat unsur 5W + 1H ( who, what, where, when, why, dan how). Straight news biasanya memuat informasi terkini tentang peristiwa yang sedang hangat, aktual, dan penting bertujuan untuk mengabarkan.

– Opinion News, berita yang didasarkan pada sebuah fakta yang ada. Berita yang dibuat berdasarkan sebuah pendapat, pandangan, dan juga ide dari seseorang terhadap sebuah peristiwa yang terjadi. Biasanya opinion news ini memuat berita dari seorang cendikiawan, masyarakat, pakar, dan juga para tokoh masyarakat.

Herry menerangkan, para pelajar bisa mencari objek bahan berita seputar peristiwa yang terjadi di lingkup Kabupaten Batola seperti banjir yang terjadi. Dimana, solidaritas antar relawan terjadi dibalik musibah yang melanda.

“Itu salah satu contohnya. Bisa juga kegiatan belajar online dijadikan berita dan masih banyak hal-hal lain yang bisa dijadikan bahan berita,” ucapnya.

Dalam lomba ini, Bagian Humas Protokol dan Protokol Pemkab Batola menggandeng UMKM lokal sebagai donatur pemberi hadiah uang tunai untuk para juara. Juara 1 akan mendapatkan Rp750 ribu dari Despacito Cafe, Rp500 ribu untuk juara 2 dari Kopi Kontainer dan juara 3 mendapat Rp250 ribu dari Rumah Makan Tosoto.

“Syaratnya kartu pelajar dan dan materi lomba berita dikirim ke email humprobaritokuala@gmail.com,” imbuh Herry.

Ketentuan untuk peserta sendiri diwajibkan mem-follow Instagram @prokopimda_baritokuala disertai mere-post poster kegiatan. Selanjutnya materi lomba atau berita di-posting di masing-masing Instagram peserta dengan tagar #HPN2021 #HUTPWI75 dan #citezenjourlistcontest.

Untuk waktu upload dan pengiriman berita dari tanggal 9-23 Februari. Pengumuman pemenang dapat dilihat di Instagram @prokopimda_baritokuala pada 23 Februari.

Juri lomba sendiri terdiri Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, Zainal Helmie yang juga pemimpin redaksi klikkalsel.com, Redaktur Banjarmasin Post dan Redaktur Radar Banjarmasin.(rizqon)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top