HST

Cegah Klaster Baru di HST, Operasi Yustisi Digelar Serentak Saat Libur Panjang

BARABAI, klikkalsel.com – Memasuki libur panjang, Operasi Yustisi penegakan perbup Nomor 34 tentang protokol kesehatan (Protkes) sasar lokasi wisata yang tersebar di Kecamatan Batu Benawa dan Kecamatan Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kamis (29/10/2020).

Kasat Pol PP HST, Abdul Razak, menyampaikan, Operasi Yustisi kali ini menyasar disejumlah lokasi wisata yang ada di HST dalam rangka libur panjang sekaligus mencegah adanya klaster baru penyebaran wabah virus Corona.

“Operasi yustisi kali ini sengaja menyasar ke lokasi-lokasi wisata mengingat saat ini libur panjang, warga masyarakat HST bahkan warga di luar HST memanfaatkannya untuk berwisata bersama keluarga, ke objek wisata yang ada di tempat kita,” tuturnya.

Lebih lanjut Abdul Razak menjelaskan bahwa tim gabungan TNI-Polri, Satpol PP, BPBD HST, Dishub HST berkekuatan 40 orang yang dibagi menjadi dua tim.

Tim satu melaksanakan penegakkan Perbup HST dilokasi wisata Pagat Batu Benawa dan Manggasang, sedangkan tim kedua melaksanakan Operas di lokasi wisata Baruh Bunga Outbond, Riam Bajandik dan Pulau Mas.

“Kami berharap para pengunjung tempat wisata tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan jaga jarak guna memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan menghindari munculnya klaster baru, sebagai upaya menjadikan HST menjadi zona hijau atau terbebas dari corona,” sambung Abdul Razak.

Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Muh. Ishak H Baharuddin melalui Plh Pasiops Kodim 1002/Barabai Kapten Inf Andi Tiro menyampaikan pihaknya akan terus menudukung kebijakan pemerintah daerah dalam penanganan covid-19 di HST.

“Berkaitan dengan kegiatan operasi Yustisi kali ini yang menyasar disejumlah lokasi wisata di HST, sangat tepat sekali dilakukan, mengingat banyak para pengunjung dari luar daerah yang memanfaatkan libur panjang untuk berwisata bersama keluarga,” ungkapnya.

Operasi ini juga sebagai upaya mencegah penyebaran dan mengantisiapsi agar tidak timbul klaster baru di HST.

Adapun hasil Operasi Yustisi kali ini terdapat 21 orang pelanggar Protkes berupa tidak memakai masker dengan rincian di Lokasi Wisata Pagat Batu Benawa 9 orang, Manggasang 8 orang, Goa Limbuhang 4 orang, Baruh Bunga Outbond nihil Rima Bajandik nihil dan Pulau Mas nihil, sedang untuk sanksi yang diberikan adalah teguran tertulis.(wawan)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top