Cegah Kejahatan Melalui Deteksi Dini

BANJARMASIN, klikkalsel – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin Gelar aksi kewaspadaan dini bersama dengan Polresta Banjarmasin di Kantor Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur, Selasa (25/6/2019).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah warga Kelurahan Kuripan diselenggarakan dalam rangka mengajak masyarakat khususnya di Kelurahan Kuripan agar bisa mencegah berbagai macam tindakan yang terjadi di Masyarakat.

Kepala Kesbangpol Banjarmasin HM Kasman mengatakan, menghindari segala macam tindak kejahatan khususnya di lingkungan masyarakat, haruslah dilakukan pencegahan sejak dini.

Oleh sebab itu, menurutnya kegiatan pelatihan diteksi dini tersebut sangatlah penting bagi masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungannya.

“Pelatihan ini kita tujukan agar masyarakat bisa dan mengetahui apa saja hal yang dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan mereka,” tutur Kasman.

Sementara itu, Wakasat Intel Polresta Banjarmasin, AKP M Agus Junianto, mengungkapkan, pelatihan diteksi merupakan kepekaan dari diri sendiri dan tanggap terhadap dan peduli terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

“Peka, tanggap dan peduli tersebut harus diawali dari lingkungan sekitar, dari rumah sendiri, gang, RT, lalu di lingkungan secara umum, baik itu perkembangan apapun seperti gangguan keamanan ataupun perkembangan fenomena tertentu yang berkembang di lingkungan masyarakat,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa yang paling utama adalah peran serta masyarakat dalam melakukan pencegahan secara dini. Oleh sebab itu dalam pelatihan diteksi dini tersebut yang mengikuti pelatihan merupakan forum kewaspadaan dini masyarakat yang telah dibentuk disetiap kelurahan.

“Deteksi dini ini disampaikan kepada masyarakat dengan cara yang sederhana dan mudah agar suatu pemahaman yang mudah tersebut mudah juga mereka implementasikan di lingkungan mereka,” tandasnya. (fachrul)

Editor : Farid