Bupati Tabalong Komitmen Perangi Sampah Plastik

Pemkab Tabalong gelar peringatan Hari Bumi 2019 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Halaman Parkir Bandara Warukin. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengajak kepada jajaran pemerintahan daerah beserta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), perusahaan dan seluruh elemen masyarakat untuk menyatukan komitmen dalam menanggulangi sampah plastik di Kabupaten Tabalong.

Hal itu disampaikan Anang Syakhfiani dalam sambutannya saat mengahadiri acara peringatan Hari Bumi Tingkat Provinsi Kalimantan sekaligus kegiatan menanam pohon yang digelar di halaman parkir Bandara Warukin Maburai Kabupaten Tabalong, Jumat (26/4/2019).

“Seperti sudah kita pahami bersama bahwa Indonesia secara umum masih dihadapkan pada permasalahan dampak dari peningkatan aktifitas dan kebutuhan manusia akan kantong plastik,” ujarnya.

Menurut Anang penumpukan sampah plastik perlu dilakukan tindak lanjut pengelolaan yang cepat, tepat dan ramah lingkungan, mengingat sampah plastik merupakan material yang tidak mudah terurai.

“Juga bisa mengakibatkan pencemaran tanah, air dan laut,” ungkapnya.

Di Kabupaten Tabalong sendiri komposisi sampah plastik mencapai rata – rata 42,63 ton perhari dari total produksi sampah yang rata – rata mencapai 176,76 ton perhari.

Dari jumlah sampah plastik yang dihasilkan perhari tersebut yang telah dilakukan daur ulang diperkirakan baru mencapai dua hingga lima persen. Sedangkan 65 persennya dibawa ke TPA dan sisanya masih berceceran dilingkungan.

Selanjutnya dalam upaya mencapai target pengurangan sampah plastik dan penangan sampah yang berkesinambungan pemerintah Kabupaten Tabalong berencana akan melakukan beberapa hal – hal strategis yang salah satunya adalah menetapkan peraturan Bupati tentang pengelolaan sampah dan pembatasan penggunaan sampah plastik.

“Rencana straregis dalam upaya penggulangan sampah kiranya mendapat dukungan dari semua pihak agar dapat terealisasi dengan baik dan sesuai target yang sudah ditetapkan,” tutur Anang.

Lebih lanjut Anang menyampaikan di 2019 Pemerintah Kabupaten Tabalong menargetkan penanaman pohon sebanyak 5000 pohon yang akan ditanam disepanjang jalan Islamic Center, Bandara Warukin dan beberapa kecamatan di Kabupaten Tabalong.

“Semua upaya merupakan ikhtiar besar kita untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong yang bersih, hijau, asri dan nyaman,” pungkas Anang. (arif)

Editor : Amran