Batola  

Bupati Batola Buka Workshop Teknis Pengelolaan DTKS oleh Dinas Sosial

Bupati Batola Hj Noormiliyani Membuka Workshop Teknia Pengelolaan DTKS

MARABAHAN, klikkalsel.com – Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS membuka kegiatan Workshop Teknis Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bagi Operator Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Batola yang digelar Dinas Sosial di Aula Selidah Setdakab Batola, Senin (30/05/2022).

Kegiatan yang menghadirkan pemateri dari Kementerian Sosial (Kemensos) Kapusdatin Kemensos RI Prof Dr Agus Zainal Arifin SKom MKom ini juga dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, Asisten Bidang Pemerintahan Suyud Sugiono, Kadinsos Fuad Syekh, para pimpinan SKPD terkait, para camat, Ketua MUI, dan para kades.

Kadinsos Batola Fuad Syekh mengutarakan, kegiatan dilaksanakan sebagai implementasi keputusan bersama dari tiga kementerian yakni Kementerian Sosial, Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan dalam percepatan pemutakhiran DTKS oleh Pemerintah Daerah.

“Karena itu kita rasa penting dilakukan workshop ini dalam agar operator desa/kelurahan dapat menjalankan tugasnya dengan optimal,” ujarnya.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS dalam sambutannya mengatakan, penanganan kemiskinan menjadi program prioritas dalam pembangunan di Batola.

Karenanya ia minta data DTKS dapat diperbahurui agar lebih mutakhir dan bantuan yang diberikan bisa lebih akurat dan tepat sasaran.

Bupati wanita pertama di Kalsel ini menyebut, DTKS sangat penting untuk mengentaskan kemiskinan. Karena itulah verifikasi dan validasi data yang solid sangat penting untuk menjamin pemerataan keadilan pembangunan dan terpenuhinya hak warga miskin.

“Saya berharap dalan workshop ini ada komunikasi dua arah dengan narasumber agar apa yang menjadi kendala di lapangan selama ini dapat teratasi,” tambahnya.

Di kesempatan pelatihan juga diserahkan bantuan sosial kepada disabilitas dan lansia sebanyak 5 kursi roda dan 150 sembako. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati kepada 3 orang penerima sembako dan kursi roda.

Baca Juga : Jabatan Bupati Batola dan HSU Tersisa Beberapa Bulan, Siapa yang Bakal Pegang Jabatan Pj?

Baca Juga : Wabup Batola Buka Rakerda I yang Digelar Karang Taruna

Kepada para penerima bupati berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan sedikit beban.

“Semoga bantuan yang kami berikan ini bisa bermanfaat. Khususnya dengan adanya kursi roda ini menambah mobilitas saudara-saudara kita yang difabel,” harapnya.

Terpisah, Kadinsos Fuad Syekh mengutarakan, bantuan diberikan sesuai arahan bupati dalam upaya peningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas dan lansia.

“Bantuan ini juga selaras dengan perayaan hari lanjut usia nasional (HLUN) ke-26 tahun 2022 yang jatuh pada 29 Mei 2022,” ujar Fuad.

M Yunus penyandang disabilitas asal Desa Sungai Seluang Kecamatan Belawang sangat berterima kasih atas perhatian dari bupati.

“Ulun berterimakasih banar pada Bunda Bupati atas bantuan ini,” ucapnya.

Pria 26 tahun yang tak bisa bergerak jika tanpa digendong keluarganya sejak lahir sudah mengalami kelainan yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan anggota tubuh.

Karenanya kesehariannya praktis harus bergantung dengan orang lain untuk bisa bepergian. (airlangga/adv)

Editor: Abadi