Bupati Balangan Pastikan Hak Warga Mendapatkan Pelayanan Kesehatan

Bupati Kabupaten Balangan, H Ansharuddin saat mengunjungi pasien di rumah sakit Balangan dan meyakinkan bahwa semua pasien gratis berobat dengan pelayanan Kelas III.(foto : fitri/klikkalsel)

PARINGIN, klikkalsel. com- Bupati Balangan H Ansharuddin terus memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan baik terutama pelayanan kesehatan. K
unjungan mendadak ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan pun sering dilakukan bupati guna melihat sarana-prasana RSUD dan memastikan pasien terlayani dengan baik.

“Iya, Saya rutin lakukan kunjungan ke fasiltas-fasilitas pelayanan masyarakat, salah satunya ke pelayanan kesahatan di RSUD Balangan yang saya lakukan. Selain itu ingin melihat keadaan warga yang sedang dirawat dan memastikan semuanya bisa terlayani dengan baik,” tutur Ansharuddin, Rabu(30/10/2019).

Menurutnya, seluruh warga harus mendapat pelayanan kesehatan yang baik, jangan sampai ada pembedaan perlakuan, apalagi ada di antara warga yang sakit tidak mendapat pelayanan.

“Dari kunjungan saya tadi tidak ada pasien maupun keluarga pasien yang mengeluh atas pelayanan rumah sakit. Tapi saya meminta kepada pihak rumah sakit agar menjaga kebersihan dan harus selalu memberikan pelayanan prima,” ucapnya.

Baca Juga : Kafilah Asal Kabupaten Balangan Dilepas dan Dijanjikan Ibadah Umroh

Selain itu ia meyakinkan para pasien yang berobat dapat pelayanan gratis.Untuk itu, Bupati meminta kepada masyarakat yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan untuk segera mengurus dan mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikelola BPJS.

”Saya minta aparat desa, mulai dari kepala desa, kepala urusan dan kepala dusun harus proaktif melakukan pendataan kepada warganya yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan maupun Kartu Indonesia Sehat,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Balangan resmi meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC) yaitu mendaftarkan seluruh penduduknya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan per 1 Januari 2018 lalu.

“UHC ini merupakan komitmen kami dalam mendukung program strategis nasional dalam hal jaminan kesehatan untuk masyarakat dan sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 bahwa pemerintah kabupaten memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS)” ujar Ansharuddin.

Terpisah, Direktur RSUD Balangan dr Ferry membenarkan ada Bupati Balangan melakukan kunjungan ke RSUD Balangan.

“Bupati meminta agar pelayanan terhadap seluruh masyarakat Balangan baik yang dijamin Pemda melalui BPJS ditingkatkan,” kata Ferry.

Bahkan pihaknya juga berjanji akan melalakukan yang terbaik melalui pelayanan kesehatan di RSUD Balangan sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah.(fitri/adv)

Editor : Amran