Bupati Balangan Janjikan Beasiswa untuk Para Santri

Bupati Balangan H Ansharuddin bersalaman dan bercengkrama dengan para santri Saat peringatan Hari Santri Nasional 2019.(foto : fitri/klikkalsel)

PARINGIN, klikkalsel.com- Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Balangan diapresiasi Bupati Balangan, Ansharuddin.
Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan beberapa hal kepada santri terkait pesan dan harapannya.

Dalam upacara yang  diikuti ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Balangan di halaman Kantor Bupati, Selasa, (22/10/2019), bupati berpesan agar para santri menjadi agen penebar syiar Islam dan sesuai tema Hari Santri agar bisa menjadi pelopor perdamaian

“Jadilah tembok dan penangkal bagi masuknya paham radikal serta yang menggunakan kekerasan,” jelas Bupati.

Terkait pendidikan dan prestasi santri, sesuai dengan keputusan pemerintah yang menyetarakan pendidikan pesantren dengan Pendidikan umum, Pemkab Balangan telah menyiapkan beasiswa untuk para santri yang akan melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

“Apabila santri ponpes ingin meneruskan sekolah ke luar negeri misalnya ke Kairo atau Yaman akan kami berikan beasiswa,” ucap Ansharuddin.

Selain itu kata dia, sesuai janji Presiden, nantinya akan ada 1000 balai latihan keterampilan bagi pondok pesantren. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan para santri.

Terutama penggunaan teknologi komputerisasi dan keterampilan lain yang berguna dalam menghadapi  kompetisi global dan revolusi industri.

Ansharuddin berharap melalui kegiatan HSN mampu melahirkan santriwan santriwati yang unggul, memiliki kemandirian, dan cinta tanah air.

Sehingga keunggulan yang dimiliki para santri, Ansharuddin memastikan para ulama dan santri di kabupaten Balangan mampu lebih berkontribusi terhadap pembangunan kabupaten Balangan

“Salah satu sumber daya manusia yang potensial untuk ditingkatkan adalah anak kita termasuk para santri yang berada di lingkungan pondok pesantren,” imbuh Ansharuddin.(fitri/adv)

Editor : Amran