Bulog Kalsel Tekan Kerjasama Pasokan Telur dengan Koperasi Blitar

Menahan inflasi, Bulog Divre Kalsel jalin kerjasama untuk menjaga pasokan telur ke Kalsel. (foto : net)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kantor perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan (Kalsel) memaparkan hasil kunjungan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Kalsel ke Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Sekretaris TPID Kalsel Muhammad Irwan mengatakan, TPID Kalsel melalui Bulog Divre Kalsel melakukan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan Koperasi Putera di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, untuk memasok telur ke Kalsel.

Menurut Irwan, kerjasama ini dilakukan didasari dari arahan Rakornas TPID, bahwa melakukan kerjasama antar daerah dalam rangka menjaga inflasi tetap rendah atau stabil bisa mencapai target yang di tetapkan.

“MoU itu dilakukan sebagai inisiatif jangka menengah dan panjang seandainya kalau ada masalah sudah aman, sederhananya sedia payung sebelum hujan,” katanya saat didampingi Julianto Divisi Komersil Bulog Kalsel.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalsel Herawanto mengatakan, kesepakatan dengan Kabupaten Blitar bertujuan untuk menangani permasalahan infalsi daerah yang kerap muncul.

“Inflasi menjadi permasalahan yang kerap muncul terutama pada beberapa bulan terakhir. Biasanya tekanan datang dari harga telur ayam dan daging ayam,” ujar Wakil Ketua TPID Kalsel ini dalam siaran Pers BI Kalsel.

Setelah penandatanganan kesepakatan B to B antara TPID Kalsel dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar yang dilaksanakan pada Selasa 30 oktober 2018 kemarin, selanjutnya Bulog Kalsel akan segera menerbitkan purchase order pada Koperasi Blitar.

Kerjasama ini menjadi salah satu catatan sejarah penting dalam pengendalaian inflasi daerah.

Menurut Herwawanto, kerjasama B to B ini tidak hanya dilaksankan dengan Pemkab Blitar. Sebelumnya, TPID Kalsel juga telah bekerja sama dengan Provinsi Jawa Timur. Rencananya, dalam beberapa hari ke depan TPID Kalsel juga akan melaksanakan kerjasama dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. (baha)

Editor : Farid