BPD Desa Diharapkan Mampu Tingkatkan Mutu Pelayanan

Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Ready Kambo melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari dua desa, yaitu Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Jombang Kecamatan Satui.(foto : istimewa)
BATULICIN, klikkalsel.com– Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Ready Kambo melantik Alanggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari dua desa, yaitu Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Jombang Kecamatan Satui, Senin (30/12/2019).
Anggota BPD periode 2019-2025 yang dilantik, untuk anggota BPD Desa Batuah Kecamatan Kusan Hilir ada sebanyak sembilan orang, sedang anggota BPD Desa Jombang Kecamatan Satui sebanyak lima orang.
Dalam sambutannya, H Ready Kambo mengucapkan selamat, sekaligus ungkapan harapan agar pelantikan BPD tersebut mampu meningkatkan mutu pelayanan serta optimalisasi kinerja aparat desa secara profesional dan berkualitas.
Karena menurutnya, BPD yang dilantik merupakan wakil masyarakat, yang dipilih mewakili masyarakat untuk duduk menjadi bagian dari pemerintahan desa, sekaligus perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.
“Untuk itu, melalui momentum pelantikan BPD ini, kami meminta perhatian serius kepada saudara yang dilantik. Laksanakan tugas dan fungsi saudara dengan sungguh-sungguh, dan penuh rasa tanggung-jawab, serta jadilah pilar utama dan jembatan koordinasi kerja Pemerintah Desa dan Masyarakat,” jelasnya.
Kemudian lanjutnya, sebagai unsur pemerintahan desa, antara Kepala Desa dan BPD merupakan mitra kerja.
“Bangunlah komunikasi yang baik dan harmonis, berbeda pendapat itu biasa, yang penting tetap mengutamakan kebutuhan dan pelayanan masyarakat,” tuturnya.
Dalam membangun daerah, bukan hanya semangat kerja keras yang harus dimiliki, akan tetapi juga rasa kebersamaan, sinergisitas dan semangat kegotong-royongan harus selalu menyertai dalam setiap pelaksanaan tata kelola pemerintahan desa.
“Sehingga desa dapat berjalan dinamis dan berioentasi pada pelayanan masyarakat, terlebih mampu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa, dalam rangka mewujudkan kemandirian desa, baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi, dalam kerangka strategi pembangunan daerah,” ungkapnya.
Adapun pelantikan tersebut, sekaligus dirangkai juga dengan Peresmian Gedung Sarana Olahraga Desa Batuah yang digunakan sebagai lokasi pelantikan, ditandai dengan pemotongan pita oleh H Ready Kambo.
Berkenaan dengan gedung sarana olahraga itu, Ready Kambo berharap akan semakin memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, dalam rangka mewujudkan masyarakat Bumi Bersujud, yang sehat jasmani dan rohani.
Turut berhadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Tanbu, Camat Kusan Hilir, Kepala Desa dan berbagai undangan lainnya.
.
Acara turut dimeriahkan dengan penampilan musik rebana dari ibu-ibu majelis taklim dan kesenian pencak silat.(anto/adv)
Editor : Amran