Berita Utama

Biddokkes Polda Kalsel Bagi Tips Kesehatan Hadiri Guru Sekumpul

BANJARMASIN, klikkalsel- Biddokkes Polda Kalsel akan mengerahkan anggota dari Urkes Polres dan disebar di 99 titik posko kesehatan yang disiapkan untuk para jamaah Haul Guru Sekumpul.

Kabid Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr H Erwin Z Hakim, MARS bertindak sebagai penanggung jawab kesehatan dibantu Karumkit Bhayangkara AKBP dr. Bambang sebagai ketua pelaksana dan dikordinator Kompol Indarti dan AKP Agus Suprianto.

“Jutaan warga dari berbagai daerah akan datang, makanya kita akan kerahkan sumber daya yang kita miliki untuk back up kesehatan para jamaah,” ungkapnya, Rabu (6/3/2019).

Erwin pun juga membagikan tips kepada jemaah haul yang menempuh perjalanan jauh agar tubuh tetap fit dalam perjalanan.

Pertama ia menyarankan sebelum berangkat ke acara Haul Guru Sekumpul, jamaah memeriksa kesehatan terlebih dahulu dan tidak memaksakan diri berangkat jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan.

Kedua jangan memaksakan diri berkendara dalam keadaan mengantuk dan lelah. Karena berkendara dalam keadaan mengantuk sama bahayanya dengan berkendara dalam kondisi mabuk.

Ketiga membawa anak kecil bepergian adalah sebuah hal yang seringkali dianggap sulit bahkan menakutkan. Karenanya, pastikan keamanan anak dan selalu berada dalam pengawasan.

Keempat perbanyak minum dan tidak menunggu hingga haus. Saat acara Haul Guru Sekumpul nanti, ratusan ribu jamaah diperkirakan hadir, tentu akan menimbulkan suhu yang meningkat. Waspadai risiko kekurangan cairan dan heat stroke.

Kelima jangan lupa membawa obat-obatan pribadi atau vitamin dan mengkonsumsinya secara teratur sesuai anjuran dokter. Sehingga tidak panik saat pelaksanaan Haul.

Keenam sedia payung karena saat ini cuaca sedang tidak menentu. Karena itu, tidak ada salahnya saat akan menghadiri haul untuk menyediakan payung. Payung tidak hanya berguna saat hujan turun, tapi payung juga bisa untuk menahan teriknya matahari. Apabila ada keluhan kesehatan, segera dan jangan ragu-ragu mendatangi posko kesehatan.

Editor : Alfarabi

To Top