Banjarmasin

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Sungai Lulut Minta Petani Tidak Bakar Lahan Usai Panen

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Lulut, Aipda Edy Setiawan bersama Babinsa Kelurahan Sungai Lulut, Serda Riza mendatangi sejumlah sawah garapan petani di wilayah binaannya, Rabu (16/9/2020).

Kedatangan mereka bertujuan untuk menemui para petani guna diimbau tidak membakar lahan pasca masa panen.

“Sebagian besar petani sudah usai panen. Dikhawatirkan mereka akan membakar lahan bekas panen tadi guna pembersihan,” ujar Serda Riza.

Apalagi ujarnya saat ini cuaca cenderung panas yang bisa berakibat api menjadi tak terkendali jika petani nekat membakar bekas garapannya tersebut.

Senada dengan rekannya, Aipda Edy Setiawan dihadapan para petani, mengingatkan jika petani nekat membakar lahan maka tak menutup kemungkinan akan dihadapkan dengan meja persidangan karena melanggar pasal 50 dan 78 Undang-undang RI Nomor 40 Tahun 1999 tentang Kehutanan atau Pasal 69 dan 108 Undang Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

“Hukumannya tidak main-main, jika memang terbukti dengan sengaja membakar hutan atau lahan maka bisa dipenjara hingga 15 tahun lamanya,” ujar Aipda Edy.

Ia pun meminta kerjasama petani dan tokoh masyarakat jika menemukan orang yang terindikasi akan atau telah melakukan pembakaran lahan untuk segera menghubungi pihaknya supaya bisa ditindak.

Ditemui terpisah Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo mengaku telah mengintruksikan jajaran Bhabinkamtibmas nya untuk mendata wilayah mana saja yang berpotensi terjadi kebakaran lahan.

“Yang biasanya terjadi kebakaran lahan itu kawasan Kelurahan Sungai Lulut dan sebagian Kelurahan Pemurus Luar. Kita sudah minta Bhabinkamtibmas di wilayah tersebut untuk memperbanyak sosialisasi Karhutla,” jelas Kapolsek.

Ia berharap masyarakat, khususnya para petani memiliki kesadaran untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Karena ujarnya akan berdampak sangat luar seperti bisa menimbulkan kabut asap. (david)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top