Besok Pengurus HKTI se Kalsel Dilantik

Acara Musda HKTI Banjarmasin beberapa waktu lalu di Gedung PWI Kalsel. (foto : wahyu/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) se  Kalsel akan menggelar pelantikan. Pelantikan pengurus rencananya akan dihadiri Ketua Umum HKTI, yakni Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal (Purn) Moeldoko.

Pelantikan serentak pengurus HKTI se kabupaten/kota yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (10/2/2018) di Gedung Mahligai Pancasila, juga akan dihadiri  Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor.

Acara Musda HKTI Banjarmasin beberapa waktu lalu di Gedung PWI Kalsel. (foto : wahyu/klikkalsel)

Sebelumnya, sejumlah pengurus HKTI kabupaten/kota termasuk Kota Banjarmasin telah melaksanakan Musyawarah daerah (Musda). Noorlatifah yang diberi kepercayaan menjadi Ketua HKTI Banjarmasin, juga telah mempersiapkan program HKTI membantu petani maupun nelayan.

“Setelah melaksanakan Musda, HKTI Banjarmasin tentunya siap menjalakan program demi membantu petani. Namun sebelumnya, kita akan menyambut kedatangan Ketua Umum HKTI, sekaligus pelantikan pengurus HKTI se Kalsel,” tutur Noorlatifah, Jumat (9/2/2018).

HKTI Banjarmasin, Pamerkan Buah Nangkadak

Acara yang akan digelar Sabtu besok, tidak hanya pelantikan pengurus HKTI, namun juga akan dimeriahkan expo yang akan memamerkan berbagai macam hasil pertanian dari seluruh kabupaten/kota.

Pengurus HKTI Banjarmasin memperlihatkan buah Nangkadak yang akan dipamerkan di expo sesi pelantikan pengurus HKTI se Kalsel

HKTI Kota Banjarmasin juga berperan ikut memeriahkan expo tersebut dengan memamerkan berbagai macam buah buahan yang sudah mulai jarang di temui saat ini. Buah buahan yang nanti akan di pamerkan oleh pengurus HKTI Kota Banjarmasin di expo tersebut salah satunya adalah Nangkadak.

Ketua Komunitas Tani Banjarmasin, Abdullah mengatakan, buah nangkadak merupakan persilangan antara buah nangka dan buah cempedak.

“Nangkadak adalah suatu persilangan antara buah nangka dan buah cempedak yang dikawin silangkan sehingga buah tersebut mempunyai bentuk dan rasa yang mengadopsi dari dua jenis buah tersebut” ucap Abdullah

Nangkadak tersebut sebenarnya sudah lama ada namun tidak banyak orang yang membudidayakan tanaman unik itu, jadi sejumlah komunitas tani mencoba membudidayakan tanaman tersebut hingga berhasil saat ini.(fachrul)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.