Olahraga

Bertekat Tembus Semifinal, Laskar Antasari Waspadai Tiga Kreator Serangan Persija

BANJARMASIN, klikkalsel.com – PS Barito Putera, berambisi besar melangkah lebih jauh di ajang Piala Menpora 2021. Meskipun dalam babak delapan besar yang akan berlangsung, Sabtu (10/4/2021) nanti malam, tim yang berjuluk Laskar Antasari ini akan menghadapi tim raksasa yakni Persija Jakarta.

Kalau melihat komposisi kedua tim, dalam pertandingan delapan besar nanti malam antara PS Barito Putera menghadapi Persija Jakarta, sudah dipastikan, tim yang berjuluk Macan Kemayoran ini berada diatas kertas.

Karena Persija Jakarta memiliki komposisi pemain yang dinilai sudah begitu lengkap. Hal ini juga yang disampaikan Pelatih Kepala PS Barito Putera, Djajang Nurjaman.

Akan tetapi ia mengatakan, bahwa bola itu bundar, dan siapapun bisa meraih hasil terbaik. Sehingga ia meyakini bisa mengatasi permainan Persija, dengan catatan anak asuhnya mampu menunjukan permainan secara disiplin dan menjalankan intruksi yang telah diberikan.

“Persija sangat komplit dari segi materi pemain. Ada pemain asing, pemain naturalisasi, dan pemain lokal mereka diatas rata-rata. Tapi kami punya tekad walaupun kami menghadapi klub yang lebih difavoritkan,” tuturnya, Jumat (9/4/2021), saat sesi pressconference jelang pertandingan.

“Kami harus kerja keras untuk lolos ke semifinal, dan kami sudah mempersiapkan tim dengan baik. Bukan tidak mungkin kami bisa mengalahkan mereka,” lanjutnya.

Menghadapi Persija dan meraih hasil terbaik baginya bukan hal yang tidak mungkin. Pasalnya skuad Laskar Antasari saat ini sedang dalam performa terbaik mereka.

Bahkan moral tim tengah bagus usai menuai hasil positif di fase grup dengan dua hasil imbang dan satu kali menang.

Akan tetapi, Djanur meminta kepada anak asuhnya agar mewaspadai kekuatan dari tim Macan Kemayoran ini. Terlebih pada saat situasi bola set piece.

“Persija banyak menciptakan gol dari bola mati dan itu semua sudah kami pelajari. Kami sudah latihan mengantisipasi mereka. Mudahan pemain fokus dan menjalankan instruksi dengan baik,” ucapnya.

Selain bola mati, Djanur juga wajib mewaspadai tendangan dari luar kotak penalti Persija. Pasalnya, Persija merupakan tim dengan akurasi tembakan tertinggi diantara peserta piala Menpora lainnya dengan rasio 59 persen.

Setidaknya ada tiga nama di kubu Persija yang menjadi perhatian Djanur. Nama pertama tentu saja Marc Klok. Eks pemain PSM Makassar itu merupakan otak permainan Persija.

Hampir setiap serangan Persija selalu berawal dari kaki pemilik status naturalisasi tersebut. Akurasi umpan suksesnya mencapai angka 73 persen, ditambah 20 umpan silang, 4 terobosan sukses, dan dua assist.

Sementara nama lain yang juga patut di waspadai yakni Riko Simanjuntak dan Osvaldo Haay. Jika Klok menusuk dari tengah, dua Winger kembar tersebut menjadi penyuplai untuk Marko Simic dari sisi sayap pertahanan lawan mereka.

Dari kedua pemain tersebut sudah tercatat ada 14 umpan silang yang dihasilkan selama fase grup. Hal ini menurut Djajang sangat cukup menjadi alasan untuk mengantisipasi kreativitas dari sektor sayap Persija.

“Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak tentu akan jadi perhatian kami, karena dua pemain ini yang sering menyuplai umpan ke Simic,” tandasnya.(fachrul)

Editor : Amran

To Top