Berkunjung Ke Kalsel, Wakapolri Disambut Kabut Asap

(foto: istimewa)

BANJARBARU, klikkalsel – Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Waka Polri) Ari Dono Sukmanto akhirnya tiba sekitar pukul 13.00 Wita di Bandara Syamsudin Noor, pada Kamis (12/9/2019).

Berbincang-bincang bersama disela waktu istirahat di ruang VIP bandara, sekitar pukul 13.40 ia bersama rombongan kepolisian serta BPBD terbang menggunakan helikopter guna meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sekitar bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru.

Setelah meninjau, rombongan kemudian menuju ke pos Karhutla di Km 21 untuk melaksanakan apel gabungan bersama TNI, Polri, dan BPBD.

Saat jumpa pers Waka Polri Ari Dono Sukmanto mengatakan, kepada para media bahwa hari ini banyak kabut asap di sekitaran wilayah bandara, sehingga jadwal penerbangan tertunda.

Menurutnya kunjungan ke Kalsel bersama tim tidak lain adalah melaksanakan tugas dari pimpinan, dalam rangka asistensi dan supervisi untuk melaksanakan pengecegahan sekaligus pelaksanaan dari pemadaman kebakaran hutan dan lahan.

“Sebagaimana perintah dari bapak Presiden bahwa wilayah Kalsel merupakan salah satu daerah operasi kita TNI, dan Polri, serta tentunya bersama instansi terkait,” ujarnya.

Hasil dari peninjauan lokasi lewat udara Waka Polri bersama rombongan dengan menggunakan helikopter, ia mengatakan bahwa penyebab asap yang ada di bandara merupakan jejak api di sekitaran bandara. Seperti daerah Liang Anggang, Sungai Tabuk, Pelaihari terdapat bekas Kebakaran dan semua adalah lahan pertanian.

“Maka yang perlu kita pikirkan ke depan adalah meningkatkan pencegahan seperti dari Dinas Pertanian, bagaimana masyarakat kita yang turun temurun bertani tersebut tidak menggunakan cara membakar lahan,” terang Waka Polri.

Titik api untuk hari ini di wilayah Indonesia merata, yang tertinggi terdapat di daerah Riau Sumatra Selatan dan Pontianak Kalimantan Tengah.

Masih menurut Waka Polri, penindakan terhadap pelanggar pembakaran hutan dan lahan dilakukan dengan tegas, bahkan gambar pelaku sampai diekspose di jalan dengan harapan supaya ada efek jera.

Dalam agenda kunjungan, saat ini Waka Polri beserta rombongan menuju ke Mapolda Kalsel, giat di Polda Kalsel, dilanjutkan ke Bandara Syamsudin Noor untuk terbang ke Kalimantan Barat.(nuha)

Editor : Farid