Banjarmasin

Beras Gratis untuk KPM Mulai Dibagikan

TERIMA RASTRA – KPM Banjarmasin Utara merima rastra gratis yang dibagikan dinas sosial. (baha/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sebanyak 27.060 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdata di Kecamatan Banjarmasin Timur mendapat bantuan Beras Sejahtera (Rastra) gratis dari Pemprov Kalsel.

Asisten II Bidang Pembangunan Setdaprov Kalsel Hermansyah Manaf mengatakan, penyaluran beras sejahtera untuk tahun ini memang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, tahun ini biaya tebus ditiadakan hanya saja total takaran berkurang. Jika tahun lalu beras ditebus Rp24 ribu untuk 15 kilogram per bulan, saat ini diberikan secara cuma-cuma tapi dijatah 10 kilogram beras tiap bulan.

“Sekali lagi beras diberikan gratis,” ucapnya dikantor Kecamatan Banjarmasin Timur, Senin (29/1/2018).

Meskipun jumlah beras bantuan berkurang, namun pemerintah juga meluncurkan Bantuan Pangan Non Tunai yang merupakan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kalsel.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kalsel untuk jumlah KPM mengalami penurunan sebanyak 2 ribu. “Penurunan ini justru menunjukkan adanya perbaikan tingkat ekonomi masyarakat yang diharapkan terus meningkat di tahun-tahun selanjutnya”, tambahnya.

Menurut Kepala Dinas Sosial Kalsel Adi Susanto, jumlah KPM di 2017 ada 149.292 KPM sementara untuk 2018 hanya berjumlah 147.474 KPM. “Ini menjadi tanda tingkatan kelas di masyarakat meningkat jadi lebih sejahtera,” ucapnya.

Adapun untuk Rastra dibeberapa kecamatan wilayah kota Banjarmasin, yakni Banjarmasin Selatan ada 56.670, Banjarmasin Utara 34.130, Banjarmasin Barat 34.220 dan di Banjarmasin Tengah ada 20.560. (baha)

Editor : Farid

To Top