HSU

Berada di Zona Orange, HST Upayakan kembali ke Zona Hijau

Sakdillah, juru bicara Satgas penanganan covid-19 HST (foto: wawan/klikkalsel)

BARABAI, Klikkalsel.comKabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) saat ini sudah berada di zona orange atau beresiko sedang waspada penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Sakdillah juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 HST menuturkan, bahwa saat ini memang benar Bumi Murakata berada di zona orange.

Kondisi itu kata dia, berkat kerja keras seluruh pihak baik dari Satgas maupun tim penegak Perbub HST Nomor 34, tentang Protokol Kesehatan (Protkes).

“Walaupun kami menginginkan bisa masuk zona kuning atau bahkan hijau, kita sudah bersyukur,” tuturnya kepada Klikkalsel.com, Senin (9/11/2020).

Selanjutnya dia mengatakan untuk mendukung upaya membawa HST ke zona hijau, Satgas Covid-19 lebih intensif dalam melakukan sosialisasi ke masyarakat terlebih seperti tokoh-tokoh masyarakat, pemuka agama dan para aparatur kecamatan dan desa.

Selain itu penegakan Perbup berkenaan tentang Protkes sendiri masih gencar disuarakan mengingat, hal tersebut adalah salah satu indikator penting mendisiplinkan masyarakat hingga keadaan sekarang.

“Dengan peran masyarakat dalam disiplin mematuhi Prokol Kesehatan berupa, Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, diharapkan dapat menekan angka penyebaran Covid-19,” sambungnya.

Covid-19 sendiri merebak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Terhitung sejak bulan April lalu hingga sekarang.

HST juga sempat masuk ke dalam zona merah, namu sekiranya 2 pekan lalu keadaan membaik hingga sekarang Bumi Murakata sudah berada di zona orange.

Jumlah masyarakat HST yang terpapar covid-19 Jika diricikan sebagai berikut, akumulasi positif sebanyak 664 orang, akumulasi kesembuhan sebanyak 604 orang hingga hari ini yang masih dalam perawatan 5 orang dan meninggal dunia sebanyak 53 orang.

“Dengar perketatan penegakan perbup dan sosialisasi tersebut diharapkan akan dapat membawa keadaan lebih baik,” pungkasnya. (wawan)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top