Belum Habis Darurat Karhutla, Kalsel Mulai Persiapan Siaga Banjir

H Sahbirin Noor atau yang akrab di Sapa Paman Birin saat membuka Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Se-Kalimantan Selatan (foto:azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Setelah Karhutla, beberapa hari terakhir daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) sudah diguyur hujan sehingga dinas terkait mulai persiapan siaga banjir.

Gubenur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, status diberlakukannya darurat Karhutla untuk Kalsel tetap berlanjut walaupun hujan sudah ada di beberapa titik.

“Kondisi alam seperti ini sulit untuk dibaca, kita tidak tahu apakah situasinnya akan hujan terus atau cuma sesaat. Kondisinya masih belum stabil betul dan untuk sebulan ke depan masih diberlakukan,” kata guberur yang akrab disapa Paman Birin, usai membuka Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan Se-Kalsel, Rabu (9/10/2019) di Hotel Rattan Iin Banjarmasin.

Lebih lanjut dikatakan Paman, memasuki musim penghujan pihaknya sudah siap mengatasi banjir.

“Saya sudah memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memetakan daerah mana saja yang terindikasi terjadinya banjir,” ucap Paman.

Saat ditanya daerah mana saja yang berpotensi terjadinya banjir? Paman menyebutkan, belum bisa dipastikan namun sebelum hal itu terjadi langkah dan persiapan harus diambil.

“Kita persiapan siaga Banjir, jadi jika terjadi lebih cepat mengupayakannya agar banjir teratasi,” tuturnya. (azka)

Editor : Akhmad