Banjarmasin

Belum Ada Peningkatan Volume Sampah yang Signifikan di Awal Ramadhan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Volume sampah di Banjarmasin hingga hari ke 3 bulan Ramadhan belum menunjukan peningkatan signifikan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, H Mukhyar melalui Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Banjarmasin, Marzuki.

“Saat ini volume sampah kita masih di kisaran 350 hingga 400 ton perhari. Hingga kini belum ada peningkatan signifikan, mungkin akan keliatan peningkatannya di hari ke 4 hingga hari ke 7 Ramadhan,” ujarnya kepada klikkalsel.com, Jumat (16/4/2021).

Ia menyebutkan, biasanya pada bulan Ramadhan akan terjadi peningkatan volume sampah secara signifikan, khususnya sampah plastik dan organik kulit buah seperti kelapa.

Sampah plastik dan kulit kelapa itu ujarnya, dihasilkan dari kebiasaan masyarakat Banjarmasin yang pada bulan puasa cenderung membeli makanan atau jajanan untuk berbuka.

Puncaknya, volume sampah di Banjarmasin, ujar pria yang akrab dipanggil Bang Jack tersebut, mampu mencapai 500 hingga 700 ton perharinya.

Meski demikian, ia optimis peningkatan volume tersebut masih mampu ditangani oleh pihaknya walau harus bekerja ekstra dari hari biasanya.

“Sampai 500 hingga 700 ton perharinya. Tapi kita optimis dengan 80 armada dan 400 personil yang kita miliki mampu menangani sampah-sampah tersebut,” tegasnya.

Bahkan jika dibutuhkan, ia akan menyiagakan 5 armada yang bekerja ekstra guna mengangkut semua sampah yang tersisa.

Ia berharap, masyarakat dapat lebih disiplin dalam membuang sampah, agar sampah-sampah tersebut dapat terangkut semua oleh petugas.(david)

Editor : Amran

To Top