Begini Tausiah Guru Zuhdi di Haul Datu Amin

Tausiah Haul Datu Amin oleh oleh Guru Zuhdi. (foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Puncak peringatan Haul Akbar ke-125 Al-Alimul Allamah Mufti Haji Muhammad Amin bin Haji Yaqub atau lebih dikenal Datu Amin di Kubah Banua Anyar, Banjarmasin Timur, dihadiri ribuan jemaah.

Ribuan jemaah memadati kawasan Haul Datu Amin. (foto : wamen/klikkalsel)

Acara pada Sabtu (7/7/2018) itu, diimulai dengan pembacaan Maulid Habsyi yang dipimpin oleh Guru Fahmi Sekumpul, Martapura. Ribuan jemaah yang hadir pun turut larut dalam lantunan Shalawat.

Dilanjutkan dengan pembacaan Surah Yasin dan Tahlil yang kemudian disusul tausiyah oleh KH Ahmad Zuhdiannor.

Dalam tasuiyahnya, ulama kharismatik yang akrab disapa Guru Zuhdi ini mengatakan, di setiap haul ulama dan wali-wali Allah ada teladan yang harus dicontoh dan teladani.

“Kita harus melihat kelebihan Wali-wali Allah untuk membandingkan dengan segala kekurangan kita, agar kita meneladani akhlak mereka,” ucap Guru Zuhdi.

Tausiah Haul Datu Amin oleh oleh Guru Zuhdi. (foto : wamen/klikkalsel)

Dengan begitu, makna haul yang bisa diambil adalah menghindari dari sifat sombong. “Karena kita tidak memiliki kelebihan apa-apa, dibandingkan Wali Allah,” ucap Guru Zuhdi.

Momentum haul itu, ia mengajak, bersama berdoa agar Allah membukakan dada dan pintu hati, agar mendapatkan hidayah.

Acara yang ditutup dengan pembacaan doa itu, tampak dihadiri sejumlah tokoh alim ulama Banua, diantaranya Guru Hakim Martapura, Guru Fadlan, Ustad Misbahul Munir dan beberapa ulama dan para Habaib di Kalimantan Selatan. (david)

Editor : Farid