Begini Syarat Tuan Rumah PON

TUAN RUMAH PON - Pintu Gerbang memasuki Ibukota Kalsel yang siap menjadi tuan rumah PON 2024. (net)
TUAN RUMAH PON – Pintu Gerbang memasuki Ibukota Kalsel yang siap menjadi tuan rumah PON 2024. (net)

BANJARMASIN, klikkalsel – Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi mendaftar menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024. Bersaing dengan Provinsi Aceh-Sumatera Utara, yang secara bersama mengajukan diri.

Sekedar diketahui, dalam catatan Kalsel belum pernah menggelar kegiatan akbar olahraga nasional tersebut. Sejak PON pertama digelar di Kota Praja Surakarta 9-12 September 1948.

Menjadi tuan rumah PON tidaklah mudah, sebab bagi dearah yang sudah melakukan pendaftaran agar segera menggalang dukungan dari provinsi lainnya.
Ketua Harian KONI Kalsel HM Welny mengklaim sudah mendapat empat dukungan provinsi untuk Kalsel menjadi tuan rumah PON setelah di Provinsi Papua.

“Walau cuma dua calon tuan rumah PON dan keputusan oleh Presiden, KONI Kalsel tetap menggalang dukungan provinsi lain untuk meyakinkan Kalsel siap menjadi tuan rumah PON XXI 2024,” katanya.

Ia juga meminta, pengurus provinsi (Pengprov) cabang olahraga di Kalsel meyakinkan induk olahraga pusat masing-masing.

Walau mengantongi dukungan, masih harus melewati verifikasi persyaratan administrasi serta lapangan langsung terkait persiapan yang dilakukan sang tuan rumah nantinya, baik perencanaan hingga menyiapkan lokasi pertandingan dan lainnya.

Setelah itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi lagi. Diantaranya, prasarana olahraga, serta sarana prasarana penunjang seperti hotel dan transfortasi.

Lalu, keputusan siapa yang akan menjadi tuan rumah PON baru dikeluarkan tahun depan. (syarif wamem)

Editor : Farid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.