Banjarmasin

Bawaslu RI Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir di HST

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) merupakan salah satu dari 11 kabupaten yang terdampak banjir di Kalsel, dimana di beberapa kawasan di HST sejumlah rumah warga luluh lantah akibat diterjang banjir, dan sejumlah orang pun meninggal dunia.

Karena musibah tersebut, Ketua Bawaslu RI, Abhan berkunjung ke Kalsel dalam rangka penyerahan Bawaslu peduli kemanusiaan di Kabupaten HST yang langsung diterima oleh Bupati HST, H A Chairansyah, beserta jajarannya.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di posko induk GOR murakata mandingin Barabai, pada kesempatan ini Bupati HST menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan melihat langsung dampak banjir yang terjadi di Kabupaten HST.

Bantuan yang diberikan oleh Bawaslu RI sembari menyampaikan bahwa pihak Pemda HST terus berupaya mengatasi kondisi pasca banjir terbesar di Kalsel ini.

Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam sambutannya menyampaikan turut merasa prihatin atas bencana yang melanda HST sehingga ia berkunjung langsung dan melihat dampak musibah ini, sekaligus menyerahkan bantuan peduli kemanusiaan Bawaslu RI.

“Kami turut berbelasungkawa atas para korban yang meninggal, semoga tabah dan bagi warga yang rumahnya rusak semoga diberi ketabahan dan ikhlas menerima cobaan serta diganti dengan yang lebih baik lagi,” ujar Abhan.

Ia berharap bantuan dapat diterima dan di salurkan kepada warga yang terimpa musibah banjir. “Mohon diterima dan dibagikan kepada warga yang terdampak banjir, mudah-mudahan dapat sedikit meringankan beban mereka,” tuturnya.

Bupati HST, H A Chairansyah juga mengucapkan terimakasih atas kepedulian Bawaslu kepada warga HST, yang terdampak banjir sejak 14 Januari lalu.

“Banjir pada 14 Januari lalu telah meluluhlantakan Kabupaten kami. Dari 11 Kecamatan, 10 Kecamatan terdampak dan terparah ada di Kecamatan Hantakan. Sedangkan yang masih tergenang ada di Kecamatan Pandawan dan LAU,” ucapnya.

Dikatakannya lagi, kalau di wilayah kecamatan LAU karena kiriman air dari Barabai, kemungkinan setengah bulan baru turun.

“Jadi, fokus kami selain penanganan pascabanjir di Kecamatan Hantakan, Kecamatan LAU dan Pandawan yang masih tergenang juga menjadi perhatian serius Pemerintah,” tandasnya.

Beberapa barang kebutuhan pokok yang disalurkan yakni makanan cepat saji, air mineral, obat-obatan diserahkan.

Dengan menggunakan dua buah mobil pickup rombongan Bawaslu menyalurkan sebanyak 50 karung beras, 164 dus mie instan, 84 dus air mineral, 64 dus biskuit, 108 rak telor, 4 dus sarden, 10 dus kecap, 5 dus pampers, 2 dus pembalut wanita, 1 dus obat-obat dan 1 dus makanan bayi.

Penyerahan bantuan tersebut juga turut didampingi Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kaspiyah, Anggota Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan, Kasek Bawaslu Kalsel Teuku Dahsya, beserta jajaran sekretariat serta Ketua Bawaslu Kabupaten HST, Mailinasari beserta jajarannya.

Selesai penyerahan bantuan di posko induk ketua bawaslu RI beserta rombongan juga menyerahkan bantuan peduli kemanusiaan Bawaslu RI ke Desa Hantakan sebagai salah satu desa yang diterjang banjir serta berkesempatan silatuhrahmi dengan jajaran Sekretariat Bawaslu HST. (fachrul)

Editor : Akhmad

To Top