Banjarmasin

Bawaslu Nongkrong Ngopi Malam, Sosialisasi Anti Politik Uang Jelang PSU

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Bawaslu Kota Banjarmasin melakukan patroli pengawasan jelang pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021. Selain berpatroli, jajaran pengawas juga berbaur dengan masyarakat di wilayah PSU sambil nongkrong di warung kopi, malam hari.

Komisoner Bawalsu Banjarmasin, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Subhani, bersama jajaran pengawas ke kecamatan singgah ke salah satu warung gorengan dan kopi di pemukiman padat penduduk Gang Taruna Kelayan A, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Kesempatan ini dijadikan
Subhani yang juga warga Kelayan A, melakukan pengawasan partisipatif menjelang PSU demi mengedukasi masyarakat.

“Ini adalah ikhtiar Bawaslu dalam menumbuh kembangkan pengawasan partisipatif dan membumikan pencegahan serta menekan dugaan pelanggaran” ujarnya, Sabtu (5/6/2021) malam.

Pria berperawakan tambun ini menambahkan, Patroli Pengawasan Bawalsu akan terus dilakukan hingga pelaksanaan PSU nanti. Dia juga mengimbau masyarakat agar turut menjaga kondusifitas pelaksanaan pencoblosan ulang.

Sekadar diketahui putusan MK lalu pada Maret lalu, terdapat 7 kecamatan yang harus menggelar PSU. 7 kecamatan itu adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin), Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul (Kabupaten Banjar) dan Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin.

Total TPS dari 7 kecamatan tersebut adalah sebanyak 827 TPS. Kabupaten Banjar zona tergemuk dengan jumlah 502 TPS, selanjutnya Kota Banjarmasin 301 TPS dan Kabupaten Tapin 24 TPS.(rizqon)

Editor : Amran

To Top