Bawaslu Banjarmasin, Tegaskan Siap Mengawal Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin, Muhammad Yasar saat menyampaikan pemaparan dalam Rakor Pengawasan Tahapan Pilkada 2020. (foto : fachrul/klikkalsel)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Bawaslu Banjarmasin menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengawasan tahapan Pilkada 2020, di Balroom Hotel Roditha Banjarmasin.
Dalam Rakor tersebut, Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar menyampaikan, kegiatan berupa rapat koordinasi ini dilakukan bersama dengan pemangku kepentingan di antaranya Kodim 1007 kemudian, Kesbangpol Banjarmasin, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepolisian, Pemantau Pemilu, serta dari Mahasiswa.
“Harapan Kita bisa sinergis dengan seluruh pihak untuk sukseskan Pilkada 2020. Terkait dengan regulasi dan kesiapan, kita diskusikan di sini. Tentu dengan harapan menjadi Pilkada yang bermartabat dan berintegritas,” ujarnya.
Berkaitan dengan pencalonan calon perseorangan, dalam Pilkada 2020 nanti, Yasar mengatakan, pihaknya akan siap untuk melakukan pengawasan.
“Nanti kita dari Pengawas Pemilu siap melaksanakan pengawasan terkait dengan pencalonan perseorangan dan terutama nanti terkait dengan verifikasi faktual,” ucapnya.
Pengawasan tersebut disampaikannya, Bawaslu akan bersinergi dengan KPU, PPS dan Pengawas Kelurahan yang kemungkinan untuk tim pengawasan itu akan terbentuk pada bulan Maret.
“Insya Allah akan kita jalankan bersama-sama, kita lakukan verifikasi faktual ke lapangan untuk memastikan bahwa jumlah dukungan ini sudah sesuai,” terangnya.
Verifikasi faktual itu sendiri menurut Yasar bahwa di KPU mereka mekanismenya sensus, sedangkan untuk Bawaslu pihaknya masih menunggu.
“Kita masih menunggu apakah kita juga melakukan sensus yang sama dengan KPU atau kita hanya melakukan sempling,” ujarnya
Akan tetapi ditambahkannya, semaksimal mungkin akan diusahakan bisa mendampingi, walaupun diakuinya, bahwa aparat tidak mencukupi untuk itu.
“Semaksimal mungkin kita usahakan kita juga ikut terlibat di sana memastikan bahwa syarat dukungan ini dipenuhi oleh calon perseorangan,” pungkasnya.(fachrul)
Editor : Amran