Baru Sehari Dilantik, Sebagian Dewan Banjarmasin sudah tak Ngantor

45 Anggota DPRD Banjarmasin saat membacakan sumpah janji jabatan. (foto : dok/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sehari pasca dilantik, anggota DPRD Banjarmasin baru sudah banyak yang malas ngantor.

Pantauan klikkalsel.com, Selasa (10/9/2019) dari sejumlah ruangan fraksi hanya ada beberapa yang terlihat ada aktivitas, seperti di fraksi Gerindra, PAN, dan PKS.

Ruang fraksi sisanya terlihat sunyi tanpa aktivitas, walau ada beberapa wakil rakyat yang datang.

Misalnya di ruang fraksi Partai Golkar, PDIP, Demokrat serta PKB dan fraksi gabungan Nasdem, PPP, dan PBB juga tak terlihat ada aktivitas.

Keterangan anggota DPRD Banjarmasin dari fraksi Partai Demokrat Bambang Yanto Permono mengatakan, pihaknya sudah izin menghadiri kegiatan partai di Jakarta.

“Setelah dilantik, kami akan ke Jakarta menghadiri kegiatan pembekalan oleh Partai Demokrat pusat,” kata dia, saat berbincang di sela pelantikan DPRD Bamjarmasin masa jabatan 2019-2024, Senin (8/9/2019)

Sementara dari empat ruang komisi, hanya terlihat seorang anggota DPRD Banjarmasin dari fraksi PPP, yakni Akhmad Ridha yang duduk di ruang Komisi II DPRD Banjarmasin.

Kemudian hanya wakil ketua sementara DPRD Banjarmasin HM Yamin yang terlihat ngantor.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Banjarmasin Matnor Ali hanya tersenyum saat dimintai tanggapannya soal itu.

Bagi dia, idealnya wakil rakyat yang baru dilantik ngantor, meski hanya duduk di ruang fraksi masing-masing.

“Sudah capek berjuang saat pertandingan dengan wasitnya KPU, tapi ketika sudah dilantik dan dapat rumah, malah tidak ditata dan dihuni,” ujarnya menganalogikan.

Walau, kata Matnor, anggota dewan efektif bekerja dan start bertugas setelah alat kelengkapan dewan (AKD) terbentuk. Diakuinya, saat memamg tidak ada agenda, karena AKD belum ada.

“Namun saat sekarang baiknya keluyuran dan fokus di fraksi, karena sementara ngepos masing-masing fraksi. Nah di fraksi inilah membuat program yang akan dibawa ke parlemen,” ujarnya.

Terkait kunjungan kerja ke luar daerah, ia menjelaskan baru bisa dilaksanakan setelah Bmtek atau Whokshop digelar. “Tapi se-Kalsel, terkait kapan whorkshop belum ada kabarnya,” timpal dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Sementara DPRD Banjarmasin HM Yamin mengatakan, usai dilantik Senin (9/9/2019) pagi hari, sebanyak 45 anggota dewan menggelar rapat perdana pada malam harinya, terkait penjadwalan agenda dewan baru.

“Baik jadwal paripurna pembahasan tatib dewan, paripurna pembentukan AKD dan agenda lain,” ujarnya.

Saat ini, sebutnya, pihaknya selaku unsur pimpinan sementara sudah menyurati semua parpol terkait pembentukan fraksi.

“Soalnya Jumat depan sudah diparipurnakan terkait pembentukan fraksi,” tandasnya. (farid)

Editor : Amran