Barista Banua Akui Geliat UMKM Muncul di Era Jokowi

Stan Barista Banjarmasin yang berkumpul di acara Ngopi Bareng Erick Thohir.(foto : syarif wamen/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Kegiatan Mangupi Baimbai Paman Birin dan Erick Thohir yang digelar di Taher Squere, menuai respon positif para Barista Banua, Sabtu (26/1/2018).

Sebab, mereka merasakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bergeliat di era kepemimpinan Jokowi. Salah satunya, pekerjaan barista yang kebanyakan digeluti kawula muda.

Mereka punya penilaian tersendiri terhadap upaya pemerintah membangkitkan semangat dan minat UMKM.

Menurut Aspiani sang empu Rumah Kopi-q yang berlokasi di Banjarbaru menyatakan, tergerak memulai usahanya, setelah merasakan dorongan dari pemerintah, serta penilaiannya kepada Jokowi yang sempat menyapa para Barista yang tersiar di media sosial.

“Alhamdulillah di era pak Jokowi para petani kopi meraskan hasilnya. Alhamdulillah juga di zaman Jokowi untuk para barista di Kalimantan Selatan pelaku kopinya berkembang. Karena pak Jokowi terjun langsung menyapa para Barista,” ucap Aspiani sembari melayani pelanggan di stand Taher Squere.

Hal senada jua disampaikan Saiful. Barista Warung Kopi Berbisik asal Banjarmasin yang akrab disapa Ipul itu, meungkapkan lebih terpacu berinovasi di tengah geliat UMKM di Banua, di era Jokowi sekarang.

Ia pun lebih memilih mengangkat hasil alam lokal yaitu, Kopi Pengaron, Kabupaten Banjar. Iful pun berharap Jokowi dapat melanjutkan kinerjanya dalam mendukung perkembangan UMKM di Nusantara.

“Geliat UMKM sekarang lebih bergeliat, semoga dengan dukungan dan motivasi dari pak Jokowi. Pelaku UMKM semakin terdorong, khususnya di kalimantan selatan.” cetus Saiful. (rizqon)

Editor : Farid