Bantuan Senilai Ratusan Juta Mengalir untuk Korban Kebakaran ‘Kampung Arab’

Kepala Dinsos Kalsel (Kanan) Hj Nuryani saat meninjau lokasi kebakaran di 'Kampung Arab' sekaligus menyalurkan untuk korban yang terdampak. (foto : Dinsos Kalsel untuk klikkalsel.com).

BANJARMASIN, klikkalsel – Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan (Kalsel) bergerak meringankan beban korban musibah kebakaran di Jalan Sulawesi Gang Musyawarah RT 16 RW 02 Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Senin (16/9/2019) siang.

Kepala Dinsos Kalsel Siti Nuriyani bersama jajarannya turun langsung ke lokasi terjadi musibah dan meninjau kondisi terkini puing-puing kebakaran.

Bantuan yang mengalir tersebut jika diuangkan, jumlah nominal mencapai ratusan juta rupiah. Namun, dalam bentuk logistik sandang dan pangan, serta perlengkapan mengungsi.

“Kita berikan bantuan sekitar Rp109.049.150,” kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kalsel, H Suryadi kepada awak media.

Ia memaparkan, bantuan yang diberikan berupa air mineral, bahan makanan siap saji seperti kalengan, mie instan, dan lainnya, termasuk pakaian dan peralatan ibadah.

Ada juga, kata dia, family kit, peralatan khusus anak, peralatan dapur, peralatan tidur sementara yang diantaranya tenda gulung, matras, dan selimut.

Bantuan itu diserahkan kepada setiap kepala keluarga yang terdampak kebakaran dikoordinatori ketua RT dan tokoh warga setempat.

Selanjutnya, Dinsos Kalsel akan menggelar posko dan dapur umum selama tiga hari ke depan bekerjasama dengan Dinsos Banjarmasin, guna memonitor langsung kebutuhan warga di lokasi musibah kebakaran.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda pemukiman padat penduduk familiar disebut ‘Kampung Arab’ Jalan Sulawesi RT 16 Kelurahan Pasar Lama Kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Minggu (15/9/2019) petang. Musibah itu menghanguskan 18 rumah dan mengakibatkan 82 jiwa kehilangan tempat tinggal. (rizqon)

Editor : Farid