Banjarbaru

Bantuan Pemerintah Pusat Diprioritaskan untuk 5 Kabupaten Terparah Musibah Banjir

BANJARBARU, klikkalsel.com – TNI Angkatan Udara (AU) menyalurkan bantuan dan saran -prasarana untuk dari Pemerintah Pusat untuk penanggulangan musibah banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (16/1/2021).

Pesawat diberangkatkan melalui Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, mendarat di Bandara Syamsuddin Noor, Banjarbaru.

Bantuan logistik yang disalurkan antara lain kasur dan selimut, serta obat-obatan. Paket sembako dari Istana Kepresidenan turut dikirim untuk korban banjir di pengungsian.

Kepala Sub Bidang Kedaruratan BPBD Provinsi Kalsel, S. Dinarja.MH meninjau langsung proses pemindahan bantuan dari pemerintah ke beberapa mobil truk. Dia mengatakan, pendistribusian segera dilakukan dan dikhususkan untuk 5 kabupaten yang paling parah dilanda musibah banjir.

“Untuk titik yang jelas di 5 kabupaten terparah adalah Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kabupaten Balangan,” terangnya.

Dalam penyaluran distribusi sendiri ada kendala di beberapa titik. Diketahui di Kabupaten Tanah akses jalan terputus akibat jembatan ambrol diterpa arus deras luapan sungai. Selanjutnya, akses menuju Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga mengalami kendala, jembatan penghubung Kecamatan Astambul – Mataraman Kabupaten Banjar juga ambrol namun telah dilakukan perbaikan darurat.

Dinarja menerangkan, proses distribusi akan dikoordinasikan dengan pihak terkait guna memperlancar mobilitas pendistribusian.

Sementara itu, dalam pengiriman bantuan pemerintah pusat tersebut juga didatangkan sarana prasarana rescue seperti perahu karet dan pelampung. Guna mempermudah proses evakuasi warga di tengah keterbatasan peralatan. (rizqon)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top