Bank Kalsel Dukung UMKM Program Bahuma Walikota Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel.com ā€“ Festival UMKM 2023 yang digelar Pemko Banjarmasin, resmi berakhir pertengahan Agustus 2023 tadi.

Namun Kegiatan yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskopumker) Banjarmasin itu, turut diapresiasi dunia perbankan. Salah satunya Bank Kalsel.

Bagi Kepala Cabang Bang Kalsel, Firmansyah, berbagai upaya terus dilakukan pihaknya untuk membantu perkembangan UMKM, yakni lewat CSR.

ā€œCSR sudah kita berikan lewat program Bausaha Tanpa Bunga (Bahuma) yang dicanangkan Walikota Banjarmasin,ā€ katanya.

Baca JugaĀ Pelari Berkostum Unik Ramaikan Bank Jateng Friendship Run di Kota Seribu Sungai

Baca JugaĀ Disupport Bank Kalsel, Even UMKM Festival DigelarĀ 

Menurutnya, ada persyaratan yang dipenuhi UMKM untuk mendapatkan CSR tersebut, yakni harus masuk inkubator dulu dan diseleksi di Diskopumker Banjarmasin.

Ketua Forum CSR Banjarmasin itu juga menjelaskan, jika pelaku usaha meminjam melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) saja tetap mendapatkan bunga sebesar 6 persen.

Akan tetapi, dengan program Bahuma tersebut kata dia, melalui dana CSR maka pelaku usaha yang sudah tercatat dan terverifikasi dengan mudah mendapatkan pinjaman tanpa bunga.

“Siapa saja boleh, yang dinilai layak Bank atau tidaknya,ā€ ujarnya.

Sebab katanya, pihaknya juga akan melakukan verifikasi lanjutan untuk memastikan pernah atau tidaknya si pelaku usaha tersebut melakukan peminjaman di Bank lain. ā€œKarena juga tidak boleh ada double finance atau peminjaman di Bank lain,ā€ tuturnya. (adv/klik)

Editor : Akhmad