Jumat, September 24, 2021

Balogo Alami Perkembangan Pesat

BANJARMASINklikkalsel, Kendati masuk sebagai olahraga rekreasi masyarakat, namun balogo mengalami perkembangan cukup pesat di kalangan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel).

Olahraga yang lahir dari budaya masyarakat ini cukup berkembang di beberapa kabupaten dan kota, seperti Tanah Bumbu, Banjarmasin dan juga Banjar.

Hampir semua kalangan usia, kini mulai menggemari olahraga ini di sela-sela kegiatan masyarakat kota.

Salah satu pemain balogo, Kamal dari Kabupaten Banjar menuturkan, beberapa perkampungan kini mulai menggelar pertandingan balogo, sehingga banyak yang turut memainkan permainan ini.

“Misalkan di kampung kami yakni di Desa Kolam Benteng, Banjar, banyak warga yang masih memainkan olahraga ini, bahkan hampir setiap hari, balogo selalu digelar dan di ikuti yabg muda maupun yang tua,” ujarnya.

Menurutnya, tak hanya di kampungnya, di kampung lain pun juga rutin menggelar lomba balogo, seperti di Mataraman, Martapura.

Menanggapi hal ini, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Yuyu Rahmad mengatakan, olahraga balogo termasuk salah satu olahraga yang lahir dari budaya, dan banyak digemari masyarakat, ini disebabkan kedekatan masyarakat dengan budaya ini masih cukup kental.

“Masyarakat kita belum meninggalkan budayanya, makanya ketika olahraga ini dikembangkan, antusias semakin besar,” jelasnya.

Adapun hal yang lebih menggembirakan menurutnya, masih banyaknya anak-anak muda yang menyukai olahraga ini, bahkan mereka cukup antusias guna menjadi atlet balogo Kalsel.

Antusias itu menurutnya, dapat dilihat dari setiap kejuaraan provinsi yang digelar Dispora atau FORMI Kalsel. Pesertanya selalu membludak dan sangat antusias, baik yang muda maupun yang tua.

“Karena ini sudah masuk sebagai salah satu cabang olahraga, dan regulasi aturan cukup jelas, maka banyak yang berminat dengan olahraga balogo, itulah penyebab pesatnya perkembangan balogo di masyarakat,” jelasnya.

Namun, patut disayangkan, untuk kejuprov balogo tahun ini tak digelar oleh Diapora. “Kemungkinan FORMI yang bakal menggelarnya, karena cabang ini sudah kita serahkan kepada mereka,” ucapnya.(iyan)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan