Berita Utama

Balangan Terendam Banjir, BPBD Kerahkan Petugas Evakuasi Warga

PARINGIN, klikkalsel– Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan harus ekstra kerja menanggulangi banjir, yang terjadi disejumlah desa di Kecamatan Halong dan Juai, Jumat (29/3/2019).

Banjir terjadi ditengarai akibat hujan deras yang berlangsung, sehingga debit air sungai meluap. “Tadi malam hujan sampai subuh, dari pukul 1 dini hari. Jadi sejak pukul 03.15 Wita, air sudah mulai naik sampai pukul 05.00 Wita, sehingga ada dua kecamatan yang terdampak,” terang Kepala BPBD Balangan, Alive Yoesfah Love kepada klikkalsel.com.

Ketinggian air luapan sungai tersebut melanda pemukiman warga dari beberapa beberapa desa dari dua kecamatan. Diantaranya, di Kecamatan Halong melanda Desa Hauwai, Desa Baru, dan Kecamatan Juai terdampak di Desa Batah, Desa Lalayau, Desa Mihu, dan Desa Galumbang.

Ada 403 kepala keluarga (kk) dari 1.479 jiwa terdampak musibah banjir tersebut. Selain itu, infratruktur jembatan mengalami kerusakan, akibat diterpa arus dengan sungai.

“Kita mengerahkan petugas 30 orang dan dua unit perahu untuk membantu warga dari pagi tadi sudah melakukan penyeberangan,” Imbuh kepala BPBD Balangan Alive Yoesfah Love.

Petugas BPBD Balangan masih berjaga di lokasi musibah banjir guna pemantauan debit banjir yang masih merendam pemukiman warga.

“Untuk daerah Halong, Hauwai, Lalayau, Juai, sudah mulai turun, mulai surut. Cuman, di daerah bawah, Mihu, Batah Kecamatan Juai sendiri mulai ada kenaikan. Karena daerah atas sudah mulai surut, ini ke daerah bawah sore ini,” atas Alive Yoesfah Love. (rizqon)

Editor : Alfarabi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top