Balangan Raih Urutan Pertama Penghargaan Pembangunan Daerah se Kalsel

Bupati Balangan, H Ansharuddin melakukan Vidcon bersama Gubernur Kalsel dan kabupaten/kota se Kalsel.(foto : istimewa)
PARINGIN, klikkalsel.com – Kabupaten Balangan meraih predikat sebagai pemenang pertama Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2029 kategori tingkat kabupaten se Kalsel.
Hal itu disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, saat video conference yang digelar dalam rangka Musrenbang RKPD tahun 2021 Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (28/4/2020).
Menyusul Kabupaten Balangan, di peringkat kedua yaitu Kabupaten Tanah Laut, kemudian Kabupaten Tanah Bumbu di peringkat ketiga. Sementara untuk pemenang PPD kategori kotamadya yaitu Kota Banjarbaru.
“Saya memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, atas pembangunan di tahun 2019-2020 yang telah berhasil mewujudkan perencanaan pembangunan dengan hasil yang baik,” ucapnya.
Baca Juga : Ibnu Sina : Tak Ada Kewajiban Pemerintah Salurkan Sembako
Keberhasilan Balangan meraih predikat ini, kata Sahbirin, karena telah memenuhi beberapa indikator, diantaranya Balangan sudah menerapkan integrasi aplikasi perencanaan dan penganggaran dengan Simda integrated BPKP.
Selain itu, indikator-indikator makro Kabupaten secara signifikan meningkat setiap tahunnya, seperti IPM yang meningkat dan pengangguran serta kemiskinan dapat diturunkan. Ditambah lagi, kabupaten berjuluk Bumi Sanggam ini sudah meraih Opini WTP enam kali berturut-turut.
Menyikapi prestasi ini, Bupati Balangan Ansharuddin usai Vidcon mengatakan, apa yang sudah dilaksanakan akan menjadi komitmen pihaknya. Seperti pembangunan fisik maupun non fisik.
“Artinya ini bukan sekadar penghargaan akan tetapi memang diterapkan,” ujarnya.
Turut berpartisipasi dalam Vidcon ini walikota dan bupati se Kalsel, Forkopimda Kalsel, Bappenas, Sekjen Mendagri, Ketua Bappeda Kalsel dan undangan lainnya.(fitri/adv)
Editor : Amran