Balangan

Balangan Gelar Apel Gabungan Siaga Bencana

Apel Gabungan Kabupaten Balangan

PARINGIN, klikkalsel.comBPBD Kabupaten Balangan bersama TNI, Polri dan beberapa organisasi sosial menggelar apel siaga darurat penanganan bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung akibat musim hujan, di lapangan Tugu Maritam, Komplek Perkantoran Balangan, Selasa (10/11/2020).

Pembina apel pada giat tersebut yakni Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid. Dihadiri pula beberapa kepala SKPD di Balangan.

Menyikapi musim hujan yang sudah berlangsung saat ini, giat penanggulangan dan pencegahan bencana alam itu pun mulai digencarkan. Bahkan Kapolres Balangan berharap apabila ada informasi terkait bencana, masyarakat cepat menginformasikan.

“Kami berharap informasi adanya bencana juga perlu disampaikan. Sehingga nanti instansi terkait cepat tanggap dalam menyikapi hal tersebut,” ucap AKBP Nur Khamid.

Apel yang berlangsung kali ini pula, ucapnya, sebagai penanda kesiapan jajaran BPBD Balangan, TNI dan Polri serta relawan untuk menangani bencana yang terjadi di Balangan. Terutama tanah longsor, banjir dan kerusakan yang disebabkan oleh angin puting beliung.

Pengecekan terhadap alat yang akan digunakan untuk penanganan bencana juga dilakukan. Selain itu pengecekan terhadap personel yang akan bertugas.

Sedikitnya, kurang lebih 150 personel, baik itu TRC BPBD Balangan, TNI Polri dan relawan disiagakan.

Beberapa posko ucap AKBP Nur Khamid juga telah disiapkan untuk pelaporan. Baik di kecamatan maupun tingkat Kabupaten. Tentunya, personel juga siaga satu dalam hal penanganannya.

Tak lupa, ia juga mengimbau, agar masyarakat berhati-hati saat musim hujan ini. Selain itu apabila ada insiden bencana alam, diminta agar segera memberikan laporan.

Tentunya, karena masih berada di tengah pandemi Covid 19, AKBP Nur Khamid mengingatkan masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan. Begitupun untuk petugas yang menangani bencana.

Di samping itu, BPBD Balangan juga mensiagakan personel untuk selalu siap menangani bencana yang terjadi. Bahkan beberapa waktu lalu, TRC BPBD Balangan bersama TNI, Polri dan relawan telah membantu penanganan bencana banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Tebingtinggi dan Awayan. (fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top