Banjarmasin

Balakar 654 Audiensi dengan Satlantas Polresta Banjarmasin, Akan Ada Edaran Kelayakan dan Zonasi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Setelah sebelumnya menggelar pertemuan dengan Dinas Satpol PP dam Damkar Banjarmasin, Balakar 654 Banjarmasin kembali menggelar audiensi dengan Satlantas Polresta Banjarmasin, Selasa (18/5/2021).

Kedatangan Balakar 654 juga diikuti oleh BPK Swasta Pribumi (SP) dan Bidang Damkar Dinas Satpol dan Damkar Banjarmasin.

Dalam pertemuan tersebut dibahas beberapa kesepakatan dan aturan terkait beberapa kejadian yang melibatkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) beberapa saat terakhir.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Balakar 654 Banjarmasin, HM Faisal Hariyadi usai pertemuan. Ia mengatakan pihaknya telah bersepakat dengan Satlantas Polresta Banjarmasin untuk melakukan pembinaan dan penertiban terhadap pemadam kebakaran yang ada di Banjarmasin.

Ia pun berpesan agar seluruh Damkar yang ada dapat mematuhi aturan dan keselamatan dijalan.

“Jangan sampai kita niat menolong malah kita yang di tolong” ujarnya.

Faisal pun telah berbicara dengan Dinas Satpol PP dan Damkar Banjarmasin untuk menutup kran terkait pendirian Damkar swasta baru di Banjarmasin.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol Gustaf Adolf Mamuaya ditemui terpisah mengatakan pihaknya akan mengeluarkan surat edaran guna dipatuhi seluruh pemadam kebakaran.

Surat edaran tersebut berisi poin-poin yang wajib dipatuhi oleh semua unit Damkar agar tidak terjadi lagi hal-hal yang tak diinginkan dikemudian hari.

“Seperti masalah zonasi, sesuai Perda yang telah ada, nanti akan dilakukan pembagian zonasi tugas yang dibelah oleh aliran Sungai Martapura. Sehingga BPK yang berada disisi lain Sungai Martapura tidak boleh nyebrang ke sisi lain jika terjadi kebakaran, kecuali memang diminta untuk membantu,” terang Kasat.

“Kita juga minta yang boleh mengemudikan mobil Damkar ialah yang memiliki SIM,” tegasnya.

Selain itu pihaknya juga turut membahas terkait kelayakan mobil Damkar yang menurutnya wajib dilakukan pengecekan.

Kasat pun rencananya akan turut hadir dalam pertemuan dalam rangka pembinaan Damkar di kecamatan Banjarmasin Timur yang rencananya akan digelar pada hari Kamis, (20/5/2021).

“Kita siap jika diminta memberikan imbauan terkait materi tertib berlalu lintas,” pungkasnya.

Didalam pertemuan tersebut juga dibahas ramainya anggota Damkar dan Emergency yang ikut menuju lokasi kebakaran dengan menggunakan sepeda motor. Kedepan hal tersebut juga akan dilakukan penertiban karena dianggap membahayakan dan mengganggu lalulintas.(david)

Editor : Amran

To Top