Awas, Trompet Bisa Tularkan Penyakit Difteri

Dr.H.Mursad Abdi Sp.F

BANJARMASIN, klikkalsel- Bagi orangtua harus waspada terhadap anak yang ingin menggunakan terompet maupun topeng tahun baru. Sebab mainan itu bisa menularkan penyakit difteri.

Difteri bisa menular melalui udara atau tanpa sengaja menghirup cairan dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi. Saat bersentuhan dengan benda-benda yang terkontaminasi. Begitu pula ketika anak-anak yang berbagi makanan atau minuman dengan penderita.

Dr H Mursad Abdi Sp.F saat berdiskusi dengan wartawan klikkalsel di ruang praktek kerjanya menyampaikan, terompet merupaan alat musik yang ditiup terus, sehingga percikan ludah bahkan hembusan nafas bisa menularkan difteri.

“Hati-hati saja siapa tau ada virus, tidak menutup kemungkinan , percikan ludah tersebut bisa keluar ketika seseorang meniupkan terompet. Sehingga orang tersebut pun, tidak bisa dipastikan bebas dari penyakit difteri,” ucapnya.

Sehingga kata dia, masyarakat  akan lebih baik jika berhati-hati terhadap potensi penularan penyakit difteri tersebut. Dia juga meminta, pemerintah dan semua pihak bersikap proaktif, menyosialisasikan pencegahan difteri kepada semua masyarakat.

Sebab, kesadaran tersebut didominasi oleh masyarakat menengah ke atas. Masyarakat di pedesaan atau menengah ke bawah, tingkat kesadaran dan pengetahuan tentang difteri masih sangat minim.

Karena itu, dia mendorong agar semua pihak terus proaktif, dengan mengecek dan mensosialisasikan kepada masyarakat di daerah secara langsung. Dengan begitu, mereka bisa lebih berhati-hati. (azka)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.