Atlet Pencak Silat Kalsel Dipulangkan, Instruksi Latihan Individu di Rumah

M Hafizi memenangkan pertandingan dengan skor 3 : 2 melawan atlet Pelatnas dari Sulteng.(foto: for klikkalsel.com)
BANJARMASIN, klikkalsel.com – Mengantisipasi wabah Virus Corona Disease di Banjarmasin, seluruh atlet pencak silat Kalsel yang akan mengikuti ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua dipulangkan ke rumah masing-masing.
Hal ini diungkapkan Binpres Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Kalsel, Muhrani saat dihubungi melalui pesan singkat secara langsung.
“Persiapan atlet PON XX ini dilatih Pak Gusti Indra dan pak Junaidi, kita sebagai pengawas. Kalau instruksi di lapangan saat ini seluruh atlet dipulangkan ke rumah,” ujarnya.
Walaupun atlet pencak silat Kalsel berada di rumah, pelatih selalu memantau dan telah memberikan program latihan individu kepada masing-masing atlet.
Dijelaskan Muhrani, pada bulan Januari sampai April 2020 atlet latihan umum seperti berlari, fitnes atau latihan fisik umum, serta latihan teknik jatuhan, tendangan maupun pukulan.
“Pada bulan Mei sampai Juli 2020 nanti masuk latihan periode khusus, latihan ini memperbanyak teknik dan kecepatan, kita fokuskan ke teknik khususnya,” tambah Muhrani.
Rencananya pada bulan Juli sampai Agustus atlet pencak silat Kalsel akan melakukan pra kompetisi atau tryout dengan melaksanakan uji coba di luar negeri yakni di Malaysia atau Vietnam.
Atlet yang berangkat ke Papua mewakili Kalsel antara lain, M Azhar Aridha asal Banjarmasin, Hairan Iqbal dari Tanah Laut, dan Muhammad Hafizi asal Banjarmasin.
Sebelum dipulangkan, atlet pencak silat Kalsel giat berlatih di Asrama PPLP Kota Banjarmasin, SMKN 3 Banjarmasin, juga latihan fisik di SKB Mulawarman.
“Latihan atlet pencak silat Kalsel ini tidak tetap, karena kita tidak memiliki tempat latihan permanen. Namun ada wacana dari Ketua IPSI Kalsel akan membangun lapangan untuk latihan atlet,” terangnya.
Dalam ajang PON XX 2020 Papua, Muhrani berharap olahraga pencak silat dapat mengharumkan dan membanggakan Banua Kalsel.
“Harapan pencak silat dapat menyumbangkan yang terbaik untuk Kalsel, kita meminta doa restu kepada seluruh masyarakat dan pencak silat di seluruh Kalsel,” tutupnya.(nuha)
Editor : Amran